KPK Lakukan Penggeledahan Kediaman Tersangka Korupsi Bansos Beras Program PKH 2020-2021 - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Lakukan Penggeledahan Kediaman Tersangka Korupsi Bansos Beras Program PKH 2020-2021

 

GTOPNEWS.COM - KPK melakukan penggeledahan di kediaman tersangka kasus dugaan korupsi penyaluran bantuan sosial (bansos) beras untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2020 - 2021 di Kemensos RI.

Kabag Pemberitaaan KPK Ali Fikri mengatakan penggeledahan berlangsung Senin 29 Mei 2023 untuk mencari barang bukti dari kasus penyaluran bansos beras itu.

"Penggeledahan berlangsung di beberapa tempat tinggal para tersangka. Yaitu rumah di Tangerang Selatan dan apartemen di Jakarta Pusat," kata Ali Fikri di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (30/5/2023).

Penyidik KPK menemukan barang bukti berupa dokumen dan elektronik yang diduga terkait dengan perkara korupsi penyaluran bansos beras. Barang bukti itu diamankan untuk menguatkan dugaan perbuatan pidana para tersangka.

KPK sebelumnya melakukan penggeledahan di Kemensos RI, Selasa 23 Mei 2023. Di kementeran ini KPK mendapati berbagai dokumen dan bukti elektronik yang memiliki keterkaitan dengan perkara penyaluran bansos beras tersebut.

Dalam kasus ini KPK menjerat mantan Direktur Utama PT Transjakarta M Kuncoro Wibowo dan lima tersangka lainnya. Status tersangka dan kronologi berikut pasal yang disangkakan akan diumumkan   melalui konferensi pers setelah penyidikan selesai.

 

Semula Kuncoro menjabat Dirut PT Transjakarta. Baru sekitar  dua bulan menjabat, dia mengundurkan diri diduga terkerat kasus penyaluran bansos beras di Kemensos RI.

Kuncoro pernah menjadi Direktur Utama Bhanda Ghara Reksa (BGR) Logistic, staf Ahli IT Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Direktur Komersial dan Teknologi PT KAI, dan Direktur SDM, Umum dan Teknologi PT KAI.

PT BGR Logistic adalah salah satu anak perusahaan PT Perusahaan Perdagangan (Persero), salah satu perusahaan BUMN. Dan merupakan salah satu perusahaan penyalur bansos Covid-19.

Dalam kasus ini, KPK telah mencekal Kuncoro dkk enam bulan sampai Agustus 2023. Mereka adalah Ketua Tim Penasihat PT Primalayan Teknologi Persada (PTP) Ivo Wongkaren, Direktur Komersial PT BGR Budi Susanto, VP Operation PT BGR April Chrniawan, Ketua Tim Penasihat PT PTP Roni Ramdani, dan General Manager PT PTP Richard Cahyanto.

Ali Fikri mengatakan kasus dugaan korupsi penyaluran bantuan sosial (bansos) beras untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program keluarga Harapan (PKH) di Kementerian Sosial (Kemensos) tahun anggaran 2020 - 2021 merugikan keuangan negara hingga ratusan miliar. (syam/TN)

KPK Lakukan Penggeledahan Kediaman Tersangka Korupsi Bansos Beras Program PKH 2020-2021 KPK Lakukan Penggeledahan Kediaman Tersangka Korupsi Bansos Beras Program PKH 2020-2021 Reviewed by samsul huda on May 30, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD