Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Dijanjikan Fee Rp 2,6 Miliar dari Proyek Pengairan - GROBOGAN TOP NEWS

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Dijanjikan Fee Rp 2,6 Miliar dari Proyek Pengairan

 

GTOPNEWS.COM –  Bupati Musi Banyuasin Sumsel Dodi Reza diduga dijanjikan pemborong Suhandy fee Rp 2,6 miliar. Fee itu dialokasikan dari empat proyek pengairan di Dinas PUPR Musi Banyuasin yang diminta.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan total komitmen fee yang akan diterima Bupati Dodi dari kontraktor SUH (Suhandy) dari empat proyek irigasi di Musi Banyuasin sebesar Rp 2,6 miliar.

‘’Diduga dari jumlah itu, sebesar Rp 1,7 miliar di antaranya diamankan saat OTT," kata Alex dalam konferensi pers di Gedung  KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Sabtu (16/10/2021).

Empat proyek itu adalah rehabilitasi daerah irigasi Ngulak III (IDPMIP) di Desa Ngulak III, Kec. Sanga Rp 2,39 miliar, peningkatan jaringan irigasi DIR Epil Rp 4,3 miliar, peningkatan jaringan irigasi DIR Muara Teladan Rp 3,3 miliar, dan normalisasi Danau Ulak Ria, Kecamatan Sekayu dengan nilai kontrak Rp 9,9 miliar.

"Atas dimenangkannya empat paket pekerjaan di Dinas PUPR itu, diduga kontraktor Suhandy telah menyerahkan sebagian uang tersebut kepada Bupati Dodi melalui Kadinas PUPR Herman dan PPK Eddi," kata Alex.

Alex menjelaskan, Bupati Dodi telah mengarahkan Kadinas PUPR Herman Mayori, PPK Eddi Utami dan beberapa pejabat lain di dinas itu agar merekayasa proses lelang sejumlah proyek.  

Salah satunya dengan membuat list daftar paket pekerjaan dan telah pula ditentukan calon rekanan yang akan menjadi pelaksana pekerjaan tersebut.

Pada tahun 2021 perusahaan milik Suhandy menjadi pemenang dari empat paket proyek yang dikelola Bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR Musi Banyuasin.

Selain merekayasa  pemenang lelang, Bupati Dodi juga menentukan prosentase fee dari setiap nilai paket pekerjaan di Kabupaten Musi Banyuasin. Yaitu 10% untuk bupati, 3% - 5% untuk Kadinas PUPR Herman Mayori dan 2% -   3 % untuk PPK Eddi Utari serta pihak terkait lainnya. (syam/TN)

 

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Dijanjikan Fee Rp 2,6 Miliar dari Proyek Pengairan Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Dijanjikan Fee Rp 2,6 Miliar dari Proyek Pengairan Reviewed by samsul huda on October 16, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD