OTT Musi Banyuasin, KPK Sita Uang Rp 1,7 Miliar dari Tangan Bupati Dodi Reza - GROBOGAN TOP NEWS

OTT Musi Banyuasin, KPK Sita Uang Rp 1,7 Miliar dari Tangan Bupati Dodi Reza

GTOPNEWS.COM - KPK menyita uang tunai Rp 1,7 miliar saat operasi tangkap tangan (OTT) Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin (DRA) di sebuah hotel di Jakarta, Jumat (15/10/2021) petang.


‘’Total yang diamankan dari kegiatan ini Rp 1,7 miliar. Dari jumlah itu, sebesar Rp 1,5 miliar diamankan dari  MRD (Mursyid/ajudan bupati) dan Rp 270 juta dari tangan Kadinas PUPR Banyuasin Herman,’’ kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata saat konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Sabtu (16/10/2021)

KPK telah menetapkan Dodi bersama tiga orang lainnya sebagai tersangka. Mereka ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap proyek pengadaan barang dan jasa di Pemkab Musi Banyuasin, Sumatera Selatan Tahun Anggaran 2021.
Mereka adalah Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Musi Banyuasin Herman Mayori (HM), Kabid Sumber Daya Air (SDA)/Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas PUPR Eddi Umari (EU), dan Direktur PT Selaras Simpati Nusantara Suhandy (SH), selaku kontraktor.
Alex mengatakan sebelum uang itu diserahkan, KPK menerima informasi dari masyarakat, bahwa penerima uang tersebut adalah penyelenggara negara.

‘’Tim Satgas KPK langsung meluncur ke TKP untuk memastikan adanya transaksi haram itu,’’ ujar Alex.

Uang itu disiapkan Suhandy untuk diberikan pada Dodi melalui Herman dan Eddi.
Namun dari data transaksi perbankan KPK memperoleh informasi adanya transfer uang yang diduga berasal dari perusahaan Suhandy kepada rekening bank milik salah satu keluarga Eddi.
Dan Eddi menyerahkannya kepada Herman untuk diberikan kepada Dodi.
Tim Satgas KPK yang meluncur ke Musi Banyuasin langsung menangkap Kadinas PUPR Herman di salah satu tempat ibadah.  Tim KPK juga mengamankan uang Rp 270 juta dalam kantung plastik yang dibawa kadinas itu.

Kemudian Tim KPK mengamankan Eddi dan Suhandy serta pihak terkait lainnya. Mereka  dibawa ke Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan untuk dilakukan pemeriksaan.

Adapun Dodi diamankan  di salah satu lobi hotel di Jakarta. Dan langsung dibawa ke Gedung KPK Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, untuk menjalani pemeriksaan.  (syam/TN)
OTT Musi Banyuasin, KPK Sita Uang Rp 1,7 Miliar dari Tangan Bupati Dodi Reza OTT Musi Banyuasin, KPK Sita Uang Rp 1,7 Miliar dari Tangan Bupati Dodi Reza   Reviewed by samsul huda on October 16, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD