Pupuk Urea di Grobogan Langka - GROBOGAN TOP NEWS

Pupuk Urea di Grobogan Langka

 

GROBOGAN (GTopNews.Com) – Pupuk Urea di Kabupaten Grobogan, Jateng, langka. Diduga akibat kelangkaaan itu, menyebabkan harga pupuk tersebut melonjak tinggi.

Dalam Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 49 Tahun 2020 tentang alokasi dan harga eceran tertinggi  pupuk bersubsidi sektor pertanian ditetapkan bahwa HET pupuk urea 2.250/kg. Atau per sak isi 50 kg menjadi Rp 112.500. Tapi saat ini di beberapa daerah sentra tanam padi di Grobogan harganya naik menjadi 250.000-Rp 260.000/sak.

‘’Mesti naik tinggi, petani tetap memburu dan membelinya di luar pengecer. Karena pupuk jenis itu dibutuhkan untuk memupuk padi yang baru ditanamnya,’’ lata Yusuf, petani Putat Tanggungharjo Grobogan, Senin (15/3/2021).

Saat ini sebagian petani di daerah itu, mulai tanam lagi setelah panen minggu lalu. Tanam padi kedua sengaja dikejar waktunya supaya masih bisa memanfaatkan air hujan sebelum kemarau tiba.

Untuk diketahui bahwa daerah Grobogan masih banyak yang menanam padi di sawah tadah hujan. Maka musim penghujan yang waktunya singkat dimanfaatkan optimal untuk menanam padi.

‘’Tanam kedua inilah selalu dimanfaatkan oknum-oknum pupuk bermain untuk kepentingan pribadi dan kelompok sehingga menyebabkan barang itu langka di tingkat petani,’’ katanya.

Plt Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sunanto mengatakan, bahwa pihaknya sudah menerjunkan tim penyhuluh di semua kecamatan untuk memantau peredaran pupuk bersubsidi dan harganya.

‘’Bila petani menemukan pupuk bersubsidi mahal segera lapor ke penyuluh, nanti tim segera memverikasi dan mevalidasi kasusnya,’’ kata Sunanto.

Sebelumnya Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memastikan akan mengawal kebijakan sektor pupuk bersubsidi secara optimal. Sebab barang itu dalam penyalurannya banyak mendapatkan sorotan publik.

Kebijakan subsidi pupuk menurut Mentan sebagai upaya pemerintah menjaga ketahanan pangan dalam negeri. Dengan kebijakan itu diyakini akan meningkatkan produktivitas pertanian.

"Untuk itu kita selalui memantau dan mengawal kebijakan pupuk subsidi agar lebih tepat sasaran," kata Syahrul di Jakarta. (syam/TN)

Pupuk Urea di Grobogan Langka Pupuk Urea di Grobogan Langka Reviewed by samsul huda on March 15, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD