Lagi, Bulog Didesak Stabilkan Harga Gabah di Kabupaten Grobogan - GROBOGAN TOP NEWS

Lagi, Bulog Didesak Stabilkan Harga Gabah di Kabupaten Grobogan

 

GROBOGAN (GTopNews.Com) – Lagi, petani di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, mendesak Divre Bulog Wilayah II Jateng segera mengadakan operasi gabah (OG) di daerah itu. Hal tersebut menyusul anjloknya harga gabah kering panen (GKP) di tingkat petani.

‘’Dimana-mana harga gabah jatuh di bawah harga pembelian pemerintah (HPP),’’ kata Ngadiman, petani Pulokulon, Grobogan, Rabu (10/3/2021).

Ia mengatakan saat ini harga gabah di tingkat petani hanya Rp 3600/kg-Rp 3800. Atau turun Rp 600 - 900/kg dari HPP yang ditetapkan pemerintah melalui Permendag Nomor 24/2020 tentang harga gabah dan beras.

Karena itu Bulog sebagai penstabil harga diminta segera turun menstabilkan. Seharusnya lanjut Ngadiman, tidak usah dioyak-oyak, Bulog berkewajiban mengamankan harga GKP yang turun di bawah HPP.

‘’Malahan begitu mencium tanda-tanda harga gabah turun, Bulog seharusnya sudah siaga di lapangan. Sehingga penurunan harga pangan itu, dari hari ke hari tidak semakin parah,’’ katanya.

Plt Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura  Grobogan Sunanto mengatakan Divre Bulog Wilayah II Jateng sudah diminta Pemkab Grobogan segera turun melakukan penyerapan gabah sesuai HPP.  

‘’Janjinya minggu depan Satgas Bulog itu menemui kelompok-kelompok tani mengamankan harga gabah,’’ katanya.

Rencana pihaknya dan Tim Pangan Grobgan akan ikut mendampingi Satgas Bulog mengadakan penyerapan gabah sesuai HPP.

Ia mengatakan dari hasil pantauannya kemarin harga gabah di daerahnya mulai terangkat naik menjadi Rp 4100/kg. Bahkan gabah hasil prosesan mesin combine bisa laku Rp 4400/kg.

‘’Pembeli dari luar daerah mulai masuk ke Grobogan, sehingga harga gabah di tingkat petani mulai terangkat,’’ ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan yang merangkap menjadi Plt Dinas Pertanian itu. (syam/TN)

Lagi, Bulog Didesak Stabilkan Harga Gabah di Kabupaten Grobogan Lagi, Bulog Didesak Stabilkan Harga Gabah di Kabupaten Grobogan Reviewed by samsul huda on March 10, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD