Kedungombo Dibuka 50 Liter/Detik - GROBOGAN TOP NEWS

Kedungombo Dibuka 50 Liter/Detik






GROBOGAN (TopNews.Com) - Petani irigasi teknis di Kabupaten Grobogan (Jateng) kini tengah bersiap-siap menyambut  dimulainya musim tanam (MT) I padi Oktober 2018-Maret 2019 yang disebut dengan dengan istilah tanam Okmar.  Persiapan itu dilakukan menyusul dibukanya kembali waduk terbesar di asia tenggara tersebut, untuk kepentingan pertanian tanaman pangan hortikultura dan air bersih.
‘’Waduk Kedungombo (WKO) akan dibuka kembali 21 September 2018 dengan menggelontorkan 50 liter/detik. Penggelontoran itu saya kira cukup untuk pembasahan sawah di sepanjang saluran irigasi Waduk Kedungombo,’’ kata Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Endang Sulistyoningsih di Purwodadi, Selasa (19/9/2018).
Ia mengatakan, penggelontoran air Kedungombo itu, diestimasikan baru sampai ke sawah-sawah petani 10 hari kemudian, tepatnya 1 Oktober 2018. Karena air tersebut harus ditampung dulu di beberapa bendung di hilir waduk seperti Bendung Sidorejo (Geyer), Bendung Sedadi (Penawangan), Bendung Klambu (Klambu), Bendung Wilalung (Demak) dan lainnya.
Bendung-bendung itu yang nantinya mendistribusikan air Kedungombo tersebut ke sawah-sawah petani untuk pembasahan.
Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Jateng sudah memberitahukan ke Dinas PUPR, dan Dinas Pertanian Grobogan mengenai dibukanya kembali Waduk Kedungombo setelah beberapa bulan ditutup. Penutupan waduk ini untuk perbaikan saluran primer dan skunder di daerah irigasi (DI) jaringan Kedungombo.
Dinas PUPR Grobogan adalah dinas yang membawahi Bidang Pengairan. Peleburan ke dinas itu setelah terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) mengenai Organisasi Perangkat Daerah (OPD).
Diperoleh keterangan dibukanya Waduk Kedungombo ini merupakan  kesepakatan antara pihak PSDA, Dinas Pengairan, Dinas Pertanian, PDAM dan lainnya dengan petani yang tergabung dalam Perkumpulan Petani Pengguna Air (P3A) sistem Kedung Ombo. (syam/TN)

Kedungombo Dibuka 50 Liter/Detik Kedungombo Dibuka 50 Liter/Detik Reviewed by samsul huda on September 19, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD