Jembatan Jambangan Ambrol Akibat Landasan Terbuat Dari Kayu Jati Tak Standar - GROBOGAN TOP NEWS

Jembatan Jambangan Ambrol Akibat Landasan Terbuat Dari Kayu Jati Tak Standar



GROBOGAN (TopNews.Com) - J
embatan  Desa Jambangan, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan (Jateng) yang ambrol akibat dilewati truk sarat muatan segera dibuatkan jembatan darurat yang terbuat dari gelugu (pohon kelapa). Mengapa gelugu, karena pohon kelapa ini dinilai lebih kuat menahan beban berat dari pada kayu.
‘’Dana untuk perbaikan itu belum teranggarkan, maka harus dibuatkan daruratnya dulu,’’ kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Grobogan Subiyono (21/6/2018).
Saat ini pihaknya tengah mengusulkan anggaran untuk perbaikan jembatan itu ke DPRD. Bila disetujui, maka tahun ini perbaikannya secara permanen bisa dikerjakan melalui APBD Perubahan 2018.
Tim teknis Dinas PUPR dilaporkan pihak desa sudah melakukan pengecekan ke lokasi kejadian. Kontruksi jembatan dinilai tim itu, masih bagus dan kuat menyangga beban berat. Hanya saja landasannya yang terbuat dari kayu jati tidak standar, sehingga patah ketika dilewati truk besar yang sarat muatan.
Subiyono mengatakan, landasan jembatan itu, terbuat dari kayu jati. Itupun berukuran sedang dan tidak memenuhi standar teknis untuk ukuran jembatan tonse besdar. Sehingga tak kuat menahan beban berat. Pihak desa seharusnya membatasi tonase angkutan umum yang melintasi jembatan tersebut. Mengingat landasannya tidak standar.
Rencananya landasan jembatan itu, akan diperkuat dengan gelagar besi dan cor beton. Pihaknya minta pihak desa membantu membatasi angkutan barang yang lewat di jembatan tersebut.
Jembatan itu jebolakibat dilewati truk yang sarat muatan pupuk kandang.  Truk berikut pupuk yang diangkut jatuh ke dasar sungai. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun bodi truk rusak cukup parah. (syam/TN)

Jembatan Jambangan Ambrol Akibat Landasan Terbuat Dari Kayu Jati Tak Standar Jembatan Jambangan Ambrol Akibat Landasan Terbuat Dari Kayu Jati Tak Standar Reviewed by samsul huda on July 01, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD