Seluruh Penjualan Semen Grobogan Dikonsolidasikan ke Laporan Keuangan Indocement Sejak 1 Desember 2023 - GROBOGAN TOP NEWS

Seluruh Penjualan Semen Grobogan Dikonsolidasikan ke Laporan Keuangan Indocement Sejak 1 Desember 2023

 

GROBOGAN (GtopNews.Com) -  Seluruh penjualan Semen Grobogan dikonsolidasikan kepada laporan keuangan Indocement. Penyesuaian manajemen dari akuisisi itu mulai berlangsung 1 Desember 2023.

Sebelumnya PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) resmi membeli 100% saham Semen Grobogan,  Kamis (30/11). Bahkan INTP menandatangani akta jual beli saham dengan pengambilalih 345.860 (100%) kepemilikan saham Semen Grobogan.

Ketua Fraksi PPP DPRD Grobogan Misbah mengatakan, produsen semen merek Tiga Roda ini akhirnya menggelontorkan Rp 1,49 triliun untuk akuisisi itu.

‘’Kami dengar seluruh nilai akuisisi didanai sepenuhnya kas internal Indocement,’’ kata Misbah di Purwodadi, Kamis (7/3/2024).

Ia mengatakan, meski manajemen telah beralih ke Indocement, tapi kewajiban CSR, menyerap tenaga kerja lokal, dan membangun kemitraaan yang telah dijalankan Semen Grobogan, tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Karena pabrik semen ini dibangun tidak hanya hanya mengejar profit semata, tapi juga harus memperhatikan keberadaan lingkungan.

Direktur Utama Indocement, Christian Kartawijaya mengatakan, akuisisi ini merupakan langkah penting dalam rencana memperkuat footprint lokasi pabrik dan terminal semen INTP. Sehingga Indocement mampu meningkatkan efisiensi biaya logistik, distribusi semen dan mempertahankan pangsa pasarnya khususnya di Jawa Tengah.

Sebelumnya manajemen INTP menyebutkan bahwa nilai transaksi pengambilalih seluruh saham Semen Grobogan kurang dari 20% dari ekuitas INTP. Para pihak sepakat tidak mempublikasikan nilai transaksi penjualan saham.

Analis Samuel Sekuritas Indonesia Daniel A. Widjaja menghitung, INTP mengakuisisi Semen Grobogan dengan nilai Rp 597.000 per ton. Sebagai komparasi, PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) mengakuisisi PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SMCB) dengan Rp 1,8 juta per ton. Sedangkan nilai akuisisi PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) di kisaran Rp 1,3 juta per ton, dengan asumsi Rp 15.400 per dolar.

Angka ini dinilai jauh lebih murah dibanding nilai akuisisi SMGR, melihat Semen Grobogan baru mulai beroperasi pada 2021.

Semen Grobogan berlokasi di Desa Sugihmanik, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Memiliki kapasitas produksi sebesar 1,8 juta ton klinker per tahun dan 2,9 juta ton semen per tahun. Semen Grobogan telah memulai produksi komersial Januari 2022 dan memiliki persediaan bahan baku lebih dari 50 tahun. 

Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia Andreas Kristo Saragih menambahkan, harga transaksi akuisisi Semen Grobogan cukup murah dengan mempertimbangkan kondisi aset yang masih baru. Selain itu, dengan menimbang lokasi fasilitas INTP saat ini, dan peluang pertumbuhan permintaan di Jawa Tengah.

Menurut Christian, akuisisi ini merupakan langkah lanjutan untuk memperkuat posisi Indocement di Jawa Tengah setelah INTP mengambil alih operasional pabrik semen Bosowa di Maros, Sulawesi Selatan dengan perjanjian sewa-pakai aset untuk memperkuat pasokan pasar di Indonesia bagian timur.

INTP juga memulai unit penggilingan semen di Banyuwangi untuk memperkuat pasar di Jawa Timur dan Bali. Rentetan akuisisi ini dapat memberikan gambaran dari roadmap jangka panjang Indocement untuk menjadikan pendistribusian Semen Tiga Roda yang lebih kokoh.

Akuisisi ini juga merupakan gambaran kepercayaan yang tinggi dari pemegang saham utama INTP, yakni Heidelberg Materials AG sebagai pemain semen dunia untuk memperkuat investasinya di Indonesia. Penguatan investasi di Indonesia ini dengan mempertimbangkan berbagai rencana proyek infrastruktur pemerintah dan pengembangan pembangunan sektor properti dan komersial di tahun-tahun mendatang. (Syam/TN)






DISC.5 % DENGAN KODE VOUCHER NISANANDIFA

z
Seluruh Penjualan Semen Grobogan Dikonsolidasikan ke Laporan Keuangan Indocement Sejak 1 Desember 2023 Seluruh Penjualan Semen Grobogan Dikonsolidasikan ke Laporan Keuangan Indocement Sejak 1 Desember 2023 Reviewed by samsul huda on March 08, 2024 Rating: 5

No comments

Post AD