Kapasitas Produksi Semen Grobogan Ditingkatkan Bertahap Jadi 2,9 Juta Ton Per Tahun - GROBOGAN TOP NEWS

Kapasitas Produksi Semen Grobogan Ditingkatkan Bertahap Jadi 2,9 Juta Ton Per Tahun

 

GROBOGAN (GTopNews.Com) - Produksi PT Semen Grobogan (SGB) di Desa Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, akan ditingkatkan kapastitasnya dari 2,5 juta (8.000) ton per tahun menjadi 2,9 juta ton per tahun. Peningkatan produksi itu akan dilakukan usai akuisisi.

‘’Peningkatan kapasitas produksi itu dilakukan secara bertahap’’ kata Ketua LSM Hizib Grobogan Syamsulhudha mengutip Manajemen PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) di Purwodadi, Sabtu (10/3/2024).

INTP melalui anak perusahaannya PT Dian Abadi Perkasa berhasil menyelesaikan akuisisi seluruh saham PT Semen Grobogan (SGB)  dengan nilai mencapai Rp 1,49 triliun.

Penandatanganan akta jual beli saham dilakukan Kamis (30/11/2023). Transaksi itu mengambil alih sebanyak 345.860 saham (100 %) kemepimilikan saham Semen Grobogan.

Bahkan rencananya setelah akuisisi itu, kapasitas produksi clinker ditingkatkan menjadi 1,8 juta ton per tahun. Sehingga mampu memenuhi kebutuhan pasar Jawa Tengah/DIY dan sekitarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Semen Grobogan telah memulai produksi komersial November 2021, memiliki persediaan bahan baku lebih dari 50 tahun. Bahan baku itu berada di Pegunungan Kendeng Selatan seluas 890,66 Ha  terletak di Dusun Maskumambang Tanggungharjo 41,36 Ha, Dusun Watudukun Karangrayung 199,30 Ha dan Condro Geni Karangrayung 650 Ha.

Semen Grobogan telah dinobatkan sebagai produk dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) dari hasil uji berkala laborat rujukan nasional dan laborat konsumen. Dan Semen Grobogan menjadi penyumbang tertinggi pendapatan asli daerah (PAD) Grobogan.
Direktur Utama Indocement, Christian Kartawijaya, menyatakan bahwa transaksi ini didanai sepenuhnya oleh kas internal emiten berkode saham INTP. .
Pihaknya mengapreasiasi atas kerja sama dan bantuan dari seluruh pihak sehingga transaksi itu berjalan lancar. Ia mengatakan  akuisisi ini merupakan langkah penting dalam rencana memperkuat footprint lokasi pabrik dan terminal semen sehingga Indocement mampu meningkatkan efisiensi biaya logistik dan distribusi semen serta mempertahankan pangsa pasarnya khususnya di Jawa Tengah.

Akuisisi ini lanjutnya, merupakah langkah lanjutan untuk memperkuat posisi Indocement di Jawa Tengah setelah mengambil alih operasional Pabrik Semen Bosowa di Maros, Sulawesi Selatan dengan perjanjian sewa-pakai aset untuk memperkuat pasokan pasar di Indonesia bagian timur dan juga unit penggilingan semen di Banyuwangi untuk memperkuat pasar di Jawa Timur dan Bali.

Denmgan itu dapat memberikan gambaran dari roadmap jangka panjang Indocement untuk menjadikan pendistribusian Semen Tiga Roda yang lebih kokoh dan terpercaya bagi para pelanggannya di seluruh Indonesia. (syam/TN)






DISC.5 % DENGAN KODE VOUCHER NISANANDIFA

z


 

Kapasitas Produksi Semen Grobogan Ditingkatkan Bertahap Jadi 2,9 Juta Ton Per Tahun Kapasitas Produksi Semen Grobogan Ditingkatkan Bertahap Jadi 2,9 Juta Ton Per Tahun Reviewed by samsul huda on March 10, 2024 Rating: 5

No comments

Post AD