OTT Pejabat Basarnas, KPK Amankan Goodie Bag Berisi Uang Rp 999,7 Juta - GROBOGAN TOP NEWS

OTT Pejabat Basarnas, KPK Amankan Goodie Bag Berisi Uang Rp 999,7 Juta

 

GTOPNEWS.COM - KPK mengamankan uang tunai Rp 999,7 juta, hampir Rp 1 miliar  dari operasi tangkap tangan (OTT) di Basarnas. Uang itu diduga merupakan suap dari proyek pengadaan barang berupa alat deteksi korban reruntuhan tahun anggaran 2023.

"Goodie bag yang disimpan dalam bagasi mobil ABC ikut diamankan. Goodie itu berisi uang Rp 999,7 juta rupiah, hampir 1 miliar,’’ kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di dalam keterangan pers di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (26/7/2023).

Ia mengatakan sejumlah uang itu kini diamankan KPK untuk barang bukti (BB) lanjutan pemeriksaan kasus tersebut.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan 5 orang sebagai tersangka dari 11 orang yang ditangkap. Mereka adalah Kepala Basarnas (Kabasarnas) Marsekal Madya (Marsdya) Henri Alfiandi, Komisaris Utama PT MGCS berinisial MG, Dirut PT IGK berinisial MR, Dirut PT KAU berinisial RA, dan Koorsmin Kabasarnas RI, ABC.

OTT itu dilakukan atas laporan masyarakat tentang adanya pejabat Basarnas menerima uang dari proyek alat deteksi korban reruntuhan.

Dalam kegiatan tangkap tangan ini tim KPK mengamankan 11 orang. Tambah 1 orang, sebelumnya 10 orang. Mereka ditangkap  Selasa 25 Juli 2023 pukul 02.00 siang di Jalan Raya Mabes Hankam wilayah Cilangkap, Jakarta Timur, dan wilayah Jatiraden, Jatisampurna, Kota Bekasi.

Tetapi setelah dilakukan pendalaman lima di antaranya yang ditetapkan sebagai tersangka. Dari sejumlah tersangka itu, empat langsung ditahan di
Rutan KPK. Seorang di antaranya diminta segera menyerahkan diri sebelum dilakukan upaya paksa.

Alex membenarkan bahwa KPK awalnya menerima informasi adanya penyerahan uang tunai terkait dugaan korupsi alat pendeteksi korban reruntuhan di Basarnas.

Penyerahan uang itu dilakukan Dirut PT IGK berinisial MR kepada Koorsmin Kabasarnas RI berinisial ABC, sebagai perwakilan Kabasarnas Marsekal Madya (Marsdya) Henri Alfiandi (HA) di salah satu parkiran bank di Mabes TNI Cilangkap

Tim KPK langsung mengamankan MR, ER, dan HW di Jalan Mabes Hankam Cilangkap, dan ABC di salah satu restoran soto di Jatisampurna, Bekasi.

‘’Mereka langsung dibawa ke KPK untuk diperiksa,’’ kata Alex. (syam/TN)












INGIN LIBURAN DAN HILANG DARI PENAT/ STRESS.
WAKTUNYA BERWISATA BERSAMA KLOOK

OTT Pejabat Basarnas, KPK Amankan Goodie Bag Berisi Uang Rp 999,7 Juta OTT Pejabat Basarnas, KPK Amankan Goodie Bag Berisi Uang Rp 999,7 Juta Reviewed by samsul huda on July 26, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD