OTT Basarnas, KPK Tangkap 10 Orang - GROBOGAN TOP NEWS

OTT Basarnas, KPK Tangkap 10 Orang

 

GTOPNEWS.COM – KPK menangkap 10 orang dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Basarnas di dua tempat yaitu Cilangkap, Jakarta Timur dan Jatisampurna, Bekasi, Selasa (25/7).

‘’Dari sejumlah orang itu satu di antaranya adalah pejabat Basarnas, yaitu Letkol TNI,’’ Kepala Bagian Pemberitaaan KPK Ali Fikri di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (26/7/2023).

Ia mengatakan awalnya yang ditangkap sebanyak delapan orang. Namun setelah dilakukan pendalaman didapati dua orang lagi yang ditangkap. Sehingga totalnya jadi 10 orang.

‘’Saat ini mereka tengah diperiksa penyidik di KPK,’’ kata Ali.

Mereka terkena OTT akibat terlibat dalam tindak pidana korupsi pengadaan alat deteksi korban reruntuhan tahun anggaran 2023.

Dalam OTT itu KPK menyita sejumlah uang tunai. Uang tersebut belum diketahui berapa jumlah pastinya karena masih dalam proses dihitung.

‘’Yang pasti uang yang diamankan mencapai miliaran rupiah,’’ ujarnya.

Ali mengatakan barang bukti yang diamankan itu akan dikonfirmasi terlebih dahulu kepada para pihak yang tertangkap melalui OTT tersebut.

Ketua KPK Firli Bahuri menambahkan, OTT ini terkait dengan dugaan suap pengadaan barang dan jasa (PBJ) berupa alat pendeteksian korban reruntuhan tahun anggaran 2023.

KPK menyebut ada dugaan fee 10 persen dari nilai proyek yang diduga diterima pihak-pihak yang diamankan.

Berdasarkan Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang ditangkap tersebut. (syam/TN)

OTT Basarnas, KPK Tangkap 10 Orang OTT Basarnas, KPK Tangkap 10 Orang Reviewed by samsul huda on July 26, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD