KPK Ungkap Pengacara Stefanus Roy Susun Sejumlah Rencana Halangi Penyidikan Kasus Lukas Enembe - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Ungkap Pengacara Stefanus Roy Susun Sejumlah Rencana Halangi Penyidikan Kasus Lukas Enembe

 

GTOPNEWS.COM – Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan bahwa Stefanus Roy Rening, pengacara Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe telah resmi ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus dugaan merintangi penyidikan.

Roy Rening diduga menyusun sejumlah rencana menghalangi penyidikan dugaan korupsi yang dilakukan Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe.

"Yang bersangkutan menyusun beberapa rangkaian skenario berupa saran dan mempengaruhi beberapa pihak yang dipanggil penyidik KPK sebagai saksi agar tidak memenuhi panggilan," kata Ghufron ketika jumpa pres di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (9/5/2023).

Ghufron menyebut Roy diduga aktif menggalang opini publik terkait kasus Lukas Enembe. Dia memerintahkan salah satu saksi agar memberi pernyataan palsu. Yaitu membuat testimoni dan pernyataan tidak benar mengenai kronologi dalam perkara yang sedang dilidik KPK.

Hal itu lanjut Ghufron, bertujuan untuk menggalang opini publik sehingga sangkaan yang ditujukan KPK terhadap tersangka LE dan pihak lain yang diduga melakukan tindak pidana korupsi dinarasikan sebagai kekeliruan.

Perbuatan Roy itu dilakukan di rumah ibadah agar lebih menarik simpati massa di Papua. Dia menyebut aksi Roy berpotensi memicu konflik di tengah masyarakat.

KPK menemukan bukti hasutan yang dilakukan Roy Rening kepada salah satu saksi agar tidak mengembalikan uang terkait kasus yang menjerat Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe.

Atas saran dan pengaruh tersangka SRR, pihak-pihak yang dipanggil secara patut dan sah menurut hukum sebagai saksi menjadi tidak hadir tanpa alasan yang jelas.

Roy Rening dijerat Pasal 21 UU Tipikor.
Kini tersangka SRR ditahan untuk 20 hari pertama dari tanggal 9 – 28 Mei 2023 2023 di Rutan KPK Markas Komando Puspomal Jakarta. (syam/TN)

KPK Ungkap Pengacara Stefanus Roy Susun Sejumlah Rencana Halangi Penyidikan Kasus Lukas Enembe KPK Ungkap Pengacara Stefanus Roy Susun Sejumlah Rencana Halangi Penyidikan Kasus Lukas Enembe Reviewed by samsul huda on May 09, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD