Kepentingan Penyidikan, KPK Cegah Sekretaris MA Hasbi Hasan ke Luar Negeri - GROBOGAN TOP NEWS

Kepentingan Penyidikan, KPK Cegah Sekretaris MA Hasbi Hasan ke Luar Negeri

 

GTOPNEWS.COM - KPK meminta Imigrasi Kemenkum HAM melakukan pencegahan terhadap Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Hasbi Hasan untuk berpergian ke luar negeri.

Kabag Pemberitraaan KPK Ali Fikri mengatakan, cegah itu diajukan  untuk kepentingan penyidikan kasus suap jual beli perkara di Mahkamah Agung.

‘’Terkait dengan itu, Hasbi Hasan diminta bersikap kooperatif,’’ kata Ali Fikri di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (10/5/2023).

Pencegahan itu berlaku mulai Selasa 9 Mei 2023 hingga November 2023. Kebijakan pencegahan tersebut bisa diperpanjang sesuai kebutuhan penyidikan KPK.

Pihaknya meminta Sekretaris MA Hasbi Hasan bersikap koperatif setelah dikenakan pencegahan ke luar negeri. Yang bersangkutan juga diminta hadir memenuhi pemeriksaan sebagai saksi dalam persidangan kasus hakim MA yang digelar di PN Bandung.

Ali Fikri mengatakan bahwa cegah ini didasari karena kebutuhan penyidikan sekaligus agar pihak dimaksud dapat kooperatif hadir sebagai saksi di Pengadilan Tipikor PN Bandung.

KPK meminta Hasbi taat aturan hukum. Dengan itu proses penyidikan perkara yang sedang berjalan dapat segera dibawa ke persidangan untuk diuji.

Kini KPK telah menetapkan satu orang swasta bernama Dadan Tri Yudianto sebagai tersangka penanganan perkara korupsi di MA. Dadan Tri juga telah dicegah pihak Imigrasi bepergian ke luar negeri sejak Januari 2023. (syam/TN)

Kepentingan Penyidikan, KPK Cegah Sekretaris MA Hasbi Hasan ke Luar Negeri Kepentingan Penyidikan, KPK Cegah Sekretaris MA Hasbi Hasan ke Luar Negeri Reviewed by samsul huda on May 10, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD