Eks Pejabat Pajak Rafael Alun Mulai Diperiksa KPK untuk Lengkapi Berkas Penyidikan - GROBOGAN TOP NEWS

Eks Pejabat Pajak Rafael Alun Mulai Diperiksa KPK untuk Lengkapi Berkas Penyidikan

 

GTOPNEWS.COM - KPK mulai memeriksa eks Kepala Bagian Umum Kanwil Dijten Pajak Jaksel II Rfael Alun Trisambodo sebagai tersangka terkait gratifikasi perpajakan di  Ditjen Pajak Kementerian Keuangan.

Kabag Pemberitaaan KPK Ali Fikri mengatakan bahwa penyidik KPK memeriksa empat saksi dalam kasus itu, Senin ini 10 Appril 2023. Mereka diperiksa sebagai saksi gratifikasi yang dilakukan tersangka Rafael Alun.

Saksi-saksi itu adalah karyawan swasta Jinnawati, dua orang ibu rumah tangga Nanan Hadiretna dan Thio Ida, dan manager marketing Apartemen Signature Park Grande atau staff yang ditunjuk.

Pemeriksaan saksi-saksi itu untuk melengkapi berkas penyidikan kasus gratifikasi Rafael Alun, eks pejabat Ditjen Pajak yang kini ditahan KPK.

‘’Pemeriksaan berlangsung di Gedung KPK,’’ kata Ali  Fikri di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (10/4/2023).

Sebelumnya KPK menduga Rafael Alun menerima USD 90 ribu atau sekitar Rp 1,3 miliar dari wajib pajak atas usahanya memberikan keringanan pajak melalui perusahaan konsultan pajak yang dimiliki

Kasus itu terjadi saat Rafael diangkat menjadi Kepala Bidang Pemeriksaan, Penyidikan, dan Penagihan Pajak pada Kantor Wilayah Ditjen Pajak Jawa Timur I tahun 2011.

‘’Dengan jabatannya itu diduga Rafael Alun menerima gratifikasi dari beberapa wajib pajak atas pengondisian berbagai temuan pemeriksaan perpajakannya,’’ kata Firli dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (3/4/2023).

Rafael diduga memiliki beberapa usaha, satu di antaranya PT Artha Mega Ekadhana (PT AME) bergerak dalam bidang jasa konsultansi terkait pembukuan dan perpajakan.

Firli mengatakan, pihak yang menggunakan jasa PT AME adalah para wajib pajak yang diduga memiliki permasalahan pajak. Menurut Firli setiap kali wajib pajak mengalami kendala dan permasalahan dalam proses penyelesaian pajaknya, Rafael diduga aktif merekomendasikan PT AME. (syam/TN)

Eks Pejabat Pajak Rafael Alun Mulai Diperiksa KPK untuk Lengkapi Berkas Penyidikan Eks Pejabat Pajak Rafael Alun Mulai Diperiksa KPK untuk Lengkapi Berkas Penyidikan Reviewed by samsul huda on April 10, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD