Transaksi di Rekening Rafael Alun Capai Rp 500 Miliar, Kepala PPATK: Semua Dibekukan - GROBOGAN TOP NEWS

Transaksi di Rekening Rafael Alun Capai Rp 500 Miliar, Kepala PPATK: Semua Dibekukan

 

GTOPNEWS.COM - Nilai transaksi di rekening Rafael Alun Trisambodo dan keluarganya kini dibekukan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Nilai transaksi yang dibekukan pada periode 2019-2023 tidak tanggung-tanggung yaitu mencapai lebih dari Rp 500 miliar.

Demikian dikatakan Kepala PPATK Ivan Yustiavandana di Jakarta, Selasa (7/3/2023).

Ia mengatakan nilai transaksi yang dibekukan itu kemungkinan akan terus bertambah. Sebab masih ada beberapa rekening terkait dengan Rafael Alun yang masih dalam pengusutan.

Rekening yang dibekukan terdiri atas rekening pribadi Rafael Alun, keluarga termasuk putranya Mario Dandy Satrio (kini ditahan Polda Metro akibat penganiayaan) dan perusahaan atau badan hukum atas nama istrinya maupun orang lain.

Kepala PPATK Ivan mengatakan bahwa angka Rp 500 miliar itu merupakan nilai mutasi rekening selama tiga tahun terakhir, bukan nilai dananya.

"Dari nilai Rp 500 miliar itu, didapat dari 40 rekening. Semua rekening tersebut kini telah diblokir," ujarnya.

Pemblokiran itu, diduga terkait dengan indikasi pencucian uang yang dilakukan Rafael Alun selaku Kepala Bagian Umum Kanwil Ditjen Pajak Jaksel II Kementerian Keuangan.

Terkait dengan itu, kini KPK meningkatkan status kasus mantan pejabat eselon III di Direktorat Jenderal Pajak Rafael Alun Trisambodo (RAT) ke tahap penyelidikan.

"Beberapa kejanggalan dari harta kekayaan Rafael Alun telah ditemukan. Itu sebabnya KPK meningkatkan dari klarifikasi kasus itu ke arah penyelidikan," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Jakarta. (syam/TN)

 

Transaksi di Rekening Rafael Alun Capai Rp 500 Miliar, Kepala PPATK: Semua Dibekukan Transaksi di Rekening Rafael Alun Capai Rp 500 Miliar, Kepala PPATK: Semua Dibekukan Reviewed by samsul huda on March 07, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD