Tim Pemkab Kordril Jalan Akses Semen Grobogan Sepanjang 5 KM dari Sugihmanik-Daplang. - GROBOGAN TOP NEWS

Tim Pemkab Kordril Jalan Akses Semen Grobogan Sepanjang 5 KM dari Sugihmanik-Daplang.

 

GROBOGAN (GTopNews.Com) – Tim Teknis Pemkab Grobogan, Kamis (16/3/2023) mengadakan pemeriksaan pekerjaaan jalan beton rabat sepanjang 5 km dari Sugihmanik Tanggungharjo-Daplang Tegowanu.

Jalan itu merupakan jalan kabupaten yang diperbantukan untuk akses semen PT Semen Grobogan (SGB). Jalan tersebut telah selesai ditingkatkan kualitasnya oleh PT Semen Grobogan dari hotmix menjadi beton rabat, sesuai kondisi tanah setempat.

‘’Tanah di Grobogan mudah pecah dan ambles maka paling cocok menggunakan konstruksi beton bertulang,’’ kata Sekretaris Dinas PUPR Grobogan Wahju Tri Darmawanto di Purwodadi, Jumat (17/3/2023).

Jalan itu sebelumnya telah diperbaiki PT Semen Grobogan juga dengan aspal hotmix konstruksi geo tekstil, yakni dasar badan jalan dikeruk 0,5 - 1 meter kemudian dihuruk kembali dengan grosok. Namun ternyata 5-6 bulan jalan tersebut rusak karena tak mampu dilewati angkutan berat akibat kondisi dasar tanahnya labil.

Kerusakan jalan itu sempat diprotes massa dari warga Desa Mangunsari Kecamatan Tegowanu dengan cara menutup akses jalan semen tersebut. Mereka menuntut jalan ini segera diperbaiki.

Staf Khusus PT Semen Grobogan Tonny Santoso menjelaskan di hadapam massa Mangunsari, bahwa pihaknya bertanggungjawab atas kerusakan jalan itu dan segera memperbaikainya.

‘’Kini perbaikannya telah rampung 100 persen, dan secara teknis kemarin kami kordril dengan disaksikan kepala perizinan, pihak semen  dan PT Semarang Mukti Con (SMC) selaku pelaksana.

Secara teknis jalan itu dinilai Tim PUPR bagus dan layak dilewati angkutan berat. Dari beberapa titik yang dikordril, umumnya menunjukkan angka di atas 350 K. Artinya memenuhi syarat untuk dilewati beban berat.

Jalan sepanjang 5 km dari lokasi pbarik di Desa Sugihmanik sampai Dlaplang Tegowanu (jalan raya Semarang-Purwodadi) dibeton dengan ketebalan 30 cm, dan lebar 7 meter. (syam/TN)

Tim Pemkab Kordril Jalan Akses Semen Grobogan Sepanjang 5 KM dari Sugihmanik-Daplang. Tim Pemkab Kordril Jalan Akses Semen Grobogan Sepanjang 5 KM dari Sugihmanik-Daplang. Reviewed by samsul huda on March 17, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD