Terindikasi TPPU, Pusat Pelaporan Analisa Transaksi Keuangan Blokir Rekening Rafael Alun - GROBOGAN TOP NEWS

Terindikasi TPPU, Pusat Pelaporan Analisa Transaksi Keuangan Blokir Rekening Rafael Alun

 

GTOPNEWS.COM -  Terindikasi adanya perbuatan tindak pidana pencucian uang (TPPU), pihak Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) memblokir rekening milik eks Kepala Bagian (Kabag) Umum Kanwil Ditjen Pajak Jaksel II Rafael Alun Trisambodo.

PPATK juga memblokir rekening konsultan Rafael dan beberapa pihak lainnya. Tidak dijelaskan identitas dari para pihak yang rekeningnya diblokir.

"Yang pasti rekening konsultan pajak yang diduga sebagai nominee RAT (Rafael Alun Trisambodo) dan beberapa pihak terkait lainnya telah diblokir," kata Kepala PPATK Ivan Yustiavandana di Jakarta, Jumat (3/3/2023).

Ivan menegaskan lagi bahwa PPATK memblokir rekening-rekening itu karena adanya dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang dilakukan Rafael Alun.

"Seperti yang kita sampaikan sebelumnya, disinyalir ada PML (professional money launderer) yang selama ini bertindak untuk kepentingan RAT (Rafael Alun Trisambodo)," ujarnya.

Sebelumnya, KPK telah memeriksa Rafael Alun di Gedung KPK Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, 1 Maret 2023. Pemeriksaaan itu dalam rangka klarifikasi harta Rafael di LHKPN 2021 sebesar Rp 56,1 miliar. Besarnya harta tersebut dinilai tak sesuai dengan profilnya sebagai pejabat eselon III di Kanwil Ditjen Pajak Jaksel II.

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango mengatakan bahwa pihaknya membuka kemungkinan membawa kasus Rafael Alun ke ranah pidana. Hal itu dilakukan bila Direktorat LHKPN menemukan unsur pidana  dalam perolehan harta.

Menurut Nawawi nanti Direktorat Penyelidikan yang mengusut asal usul harta tersebut. Rencananya Rafael Alun diperiksa lagi setelah pihak Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan dan Direktorat LHKPN KPK selesai dari mengadakan pengusutan asal usul harta Rafael di beberapa daerah. (syam/TN)

 

Terindikasi TPPU, Pusat Pelaporan Analisa Transaksi Keuangan Blokir Rekening Rafael Alun Terindikasi TPPU, Pusat Pelaporan Analisa Transaksi Keuangan Blokir Rekening Rafael Alun Reviewed by samsul huda on March 05, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD