KPK Periksa Mantan Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta 7 Maret di Jakarta - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Periksa Mantan Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta 7 Maret di Jakarta

 

GTOPNEWS.COM - Kepala Bea Cukai Yogyakata Eko Darmanto (ED) diperiksa KPK 7 Maret 2023 di Gedung KPK Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

"Panggilan untuk itu sudah dikirim. Dan yang bersangkutan menyatakan siap hadir," kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan di Jakarta, Jumat (3/3/2023).

Sebelumnya Eko Darmanto dijadwalkan diperiksa 6 Maret. Tapi karena Tim Direktorat LHKPN KPK akan meluncur ke Bea Cukai Jogja, maka pemeriksaan di KPK Jakarta diundur 7 Maret.

Pahala mengatakan pemeriksaan itu bersifat klarifikasi terhadap Kepala Kantor Bea Cukai Yogya Eko Darmanto terkait Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkannya.

Tim Direktorat LHKPN KPK akan mengklarifikasi aset – aset maupun utang Eko Darmanto yang mencapai Rp 4 miliar. Tapi gaya hidupnya hedon (mewah)

"Jadi agendanya cuma satu yaitu klarifikasi LHKPN menyangkut aset, utang-utangnya, dan yang lain," kata Pahala.

Kepala Kantor Bea Cukai Eko Darmanto itu mencuat ke publik gara-gara memamerkan harta kekayaannya lewat medsos. Terkait dengan itu, KPK mengaku heran saat menelusuri aset Eko lewat LHKPN miliknya. Karena memiliki sejumlah mobil antik dan mahal, tapi utangnya banyak.

"Pejabat Bea Cukai ini lain lagi ceritanya,  hartanya tak banyak tapi banyak utang,’’ ujarnya.

Eko mengaku hanya punya dua rumah tapi mobil tuanya cakep-cakep, ada Fargo ada Bronco dan lainnya. Mobil tua itu jarang dimiliki orang Indonesia.

Kini Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) mengumumkan bahwa Eko Darmanto resmi dicopot dari jabatannya, Jumat (3/3/2023), Pencopotan itu untuk mempermudah pemeriksaan akibat aksi pamer kemewahan di media sosial.

"Untuk memudahkan pemeriksaan,  ED telah dibebastugaskan dari jabatan Kepala Kantor Bea Cukai Yogya mulai 2 Maret 2023," kata Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa, Nirwala Dwi Heryanto dalam di Jakarta, Jumat (3/3/2023).

DJBC melalui Direktorat Kepatuhan Internal dan Sekretariat DJBC telah melakukan klarifikasi awal terhadap Eko Darmanto. Pemeriksaan lebih lanjut, kata Nirwala, akan dilakukan Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Keuangan. (syam/TN)

KPK Periksa Mantan Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta 7 Maret di Jakarta KPK Periksa Mantan Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta 7 Maret di Jakarta Reviewed by samsul huda on March 03, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD