Mantan Kepala Bea Cukai DIY Diperiksa 8,5 Jam Mengaku Tak Ada Niat Pamer Harta - GROBOGAN TOP NEWS

Mantan Kepala Bea Cukai DIY Diperiksa 8,5 Jam Mengaku Tak Ada Niat Pamer Harta

GTOPNEWS.COM – Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto telah selesai diperiksa KPK selama 8,5 jam. Eko diperiksa untuk diklarifikasi mengenai Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) miliknya yang dinilai janggal.

Eko usai diperiksa kepada awak media mengaku tidak pernah memiliki niat melakukan pamer harta di media sosial (medsos).
"Saya secara pribadi sangat mencintai institusi. Saya tidak pernah berniat, bermaksud pamer harta seperti yang disampaikan secara viral," kata Eko di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (7/3/2023).

Nama Eko mencuat setelah kerap memamerkan kekayaannya di media sosial. Namun dia berdalih data pribadinya dicuri hingga publik melakukan framing kepadanya.


"Kenapa hal itu terjadi? Karena data saya yang tersimpan secara private dicuri, kemudian diframing dan beredarlah seperti yang rekan-rekan sekalian ketahui," kata Eko.

Selama kasusnya mencuat, Eko mengaku tidak diperkenankan memberikan klarifikasi kepada media. Dia menyebut hal itu merupakan instruksi dari pimpinannya.

"Saya tidak memberikan klarifikasi apa pun itu karena merupakan perintah pimpinan untuk saya tidak melakukan aksi apa pun. Saya sebagai prajurit yang baik saya melaksanakan itu," ujarnya.

Pemeriksaan LHKPN Eko kini telah rampung. Eko mengaku bersikap kooperatif selama dibutuhkan KPK untuk memberikan keterangan.

"Saya berterima kasih ke KPK karena diberi kesempatan menghadiri klarifikasi atas harta kekayaan saya. Saya sebagai warga negara yang baik menghadiri undangan itu. Untuk hasil bisa ditanyakan langsung ke KPK," ujarnya.

Sebelumnya nama Eko Darmanto mencuat ke publik usai memamerkan kekayaannya ke publik. Namun KPK mengaku heran saat menelusuri aset Eko lewat LHKPN miliknya. Eko memiliki sejumlah mobil antik, tapi utangnya segudang.

Tim Direktorat LHKPN KPK mengaku heran terhadap aset kekayaan Eko. Pasalnya ada perbandingan yang jomplang antara pendapatan dan utang yang dimiliki Eko. (syam/TN)

Mantan Kepala Bea Cukai DIY Diperiksa 8,5 Jam Mengaku Tak Ada Niat Pamer Harta Mantan Kepala Bea Cukai DIY Diperiksa 8,5 Jam Mengaku Tak Ada Niat Pamer Harta Reviewed by samsul huda on March 07, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD