KPK Tetapkan 7 Tersangka Baru Kasus Jual Beli Jabatan Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Tetapkan 7 Tersangka Baru Kasus Jual Beli Jabatan Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo

 

GTOPNEWS.COM - KPK merilis perkembangan kasus dugaan jual beli jabatan Bupati Pemalang nonaktif Mukti Agung Wibowo (MAW). KPK menyebut ada tujuh orang tersangka yang kini telah ditetapkan sebagai tersangka baru dalam kasus itu.

"Dari hasil persidangan perkara terdakwa Slamet Masduki selaku Plt Sekda Pemalang nonaktif dkk, terungkap adanya pihak-pihak lain yang juga turut memberikan suap untuk terdakwa Mukti Agung Wibowo (Bupati Pemalang)," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri di kantornya Jalan Kuningan Opersada Jakarta Selatan, Senin (13/3/2023).

Ia mengatakan fakta persidangan itu kemudian dianalisis oleh KPK. Hasilnya ada tujuh orang yang ditetapkan sebagai tersangka baru dalam kasus jual beli jabatan yang menjerat Bupati Mukti Agung Wibowo.

"KPK selanjutnya mengembangkan perkara ini dengan menemukan adanya peristiwa pidana terkait pemberian suap dan berdasarkan alat bukti kemudian meningkatkan status perkaranya ke penyidikan," ujar Ali.

Pihaknya belum memerinci identitas dari tujuh tersangka baru itu. Pasalnya penyidikan kasus tersebut masih dalam proses penyidikan.

Mengenai identitas tujuh orang yang ditetapkan sebagai tersangka, uraian kronologi dugaan perbuatan pidana dan pasal yang disangkakan rencananya disampaikan detailnya saat konferensi pers.

‘’Setelah penyidikan ini dianggap telah tercukupi seluruh alat buktinya, KPK akan langsung menggelar konferensi pers,’’ ujar Ali.

Perkara ini diawali operasi tangkap tangan (OTT) KPK, Kamis (11/8/2022) di sejumlah tempat di Jakarta dan Pemalang, Jawa Tengah. Dalam OTT itu, Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo beserta 33 orang lainnya diamankan KPK.

Dari OTT itu, KPK menetapkan 6 tersangka kasus jual beli jabatan di Pemkab Pemalang. Dari enam tersabngka itu, dua di antaranya sebagai sebagai penerima dan empat orang sebagai pemberi.

Bupati Mukti Agung Wibowo diduga menerima suap senilai Rp 6,1 miliar dari kasus itu. Enam tersangka tersebut adalah  Kepala BPBD Kabupaten Pemalang Sugiyanto, Kadis Kominfo Yanuarius Nitbani, Kadis PUPR Saleh, dan Slamet Masduki selaku Plt Sekda Pemalang.

Adapun sebagai tersangka penerima adalah  Mukti Agung Wibowo selaku Bupati Pemalang periode 2021-2026 dan
Adi Jumal Widodo selaku Swasta atau Komisaris PD AU. (syam/TN)


KPK Tetapkan 7 Tersangka Baru Kasus Jual Beli Jabatan Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo KPK Tetapkan 7 Tersangka Baru Kasus Jual Beli Jabatan Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo Reviewed by samsul huda on March 13, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD