KPK Temukan 134 Pegawai Ditjen Pajak Punya Saham di 280 Perusahaan - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Temukan 134 Pegawai Ditjen Pajak Punya Saham di 280 Perusahaan

 

GTOPNEWS.COM - KPK menemukan 134 pegawai pajak di Ditjen Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memiliki saham di 280 perusahaan. Data itu ditemukan saat KPK mendalami harta kekayaan mantan Kabag Umum Kanwil Ditjen Pajak Jaksel II Rafael Alun Trisambodo.

"Saat ini kita lakukan pendalaman terhadap data itu," kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (8/3/2023).

Pahala mengatakan pegawai pajak titip saham di perusahaan tidak dilarang. Tapi sebagai ASN harus punya etika untuk itu. Karena pegawai pemerintah punya tatanan sendiri dalam mengembangkan usaha.

"PP Nomor 30 tahun 80 dulu memang melarang. Tapi PP 53/2010 tidak tegas melarang, tetapi dibilang harus beretika. Yaitu tidak berhubungan dengan pekerjaan," katanya.

Menurut Pahala, kepemilikan saham pegawai pajak di perusahaan lain berpotensi menimbulkan konflik kepentingan. Terutama jika saham perusahaan itu bersinggungan dengan pekerjaan perpajakan.

"Itu sebabnya 280 perusahaan itu kita dalami keberadaannya. Pekerjaan saya pegawai pajak tapi saya punya saham di konsultan pajak. Ini yang kita kejar," kata Pahala.

Data terbaru itu segera dilaporkan ke Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Irjen Kementerian Keuangan. Sehingga 134 orang pegawai pajak ini bisa segera disikapi Irjen Kementerian.

‘’Khusus KPK akan mendalami itu, termasuk profil dan kekayaannya,’’ ujarnya. (syam/TN)

KPK Temukan 134 Pegawai Ditjen Pajak Punya Saham di 280 Perusahaan KPK Temukan 134 Pegawai Ditjen Pajak Punya Saham di 280 Perusahaan Reviewed by samsul huda on March 08, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD