Giliran Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono Dipanggil KPK Terkait LHKPN Tak Wajar - GROBOGAN TOP NEWS

Giliran Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono Dipanggil KPK Terkait LHKPN Tak Wajar

 


GTOPNEWS.COM – Giliran Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono kini berurusan dengan KPK terkait kepemilikan harta kekayaan tidak wajar. Alias tidak sesuai dengan porofilnya sebagai ASN.

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengatakan bahwa pihaknya telah menerima laporan hasil analisis (LHA) terkait harta Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono yang dinilai tidak sesuai profil.

‘’KPK akan memanggil Andhi Pramono pekan depan,’’ kata Pahala di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (8/3/2023).

Ia mengatakan LHA milik Andhi Pramono telah diterima pihaknya sejak Maret 2022. Laporan itu akan ditindaklanjuti dengan memanggil yang bersangkutan ke KPK untuk diklarifikasi.

"Hari ini kita juga dapat informasi di media sosial tentang kekayaan Kepala Bea Cukai Makassar APR (Andhi Pramono),’’ katanya.

Pahala mengatakan proses klarifikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Andhi Pramono dilakukan setelah pihaknya koordinasi dengan Irjen Kementerian Keuangan tentang profil kepala bea cukai itu.

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengatakan telah melaporkan ke KPK soal temuan harta kekayaan tidak wajar Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono. PPATK menduga ada peran nominee yang juga dilakukan Andhi.

"Diduga ke arah pencucian uang," kata Kepala PPATK Ivan Yustiavandana di Jakarta, Rabu (8/3/2023).

Dalam hal ini nominee diartikan sebagai upaya menggunakan nama orang lain dalam melakukan transaksi. Cara ini sebelumnya juga dipakai mantan Kepala Bagian Umum Kanwil Ditjen Pajak Jaksel II Rafael Alun Trisambodo untuk menutupi aset kekayaannya.

Nama Andhi Pramono mencuat di tengah penyelidikan dugaan korupsi yang dilakukan Rafael Alun. Sebuah unggahan di media sosial mengungkap rumah mewah yang diduga milik Andhi Pramono.

Unggahan itu juga memuat informasi perihal gaya hidup mewah yang dilakukan anak dan istrinya. Tersebar berita bahwa harta kekayaan Andhi disebut-sebut mencapai Rp 13 miliar. (syam/TN)

Giliran Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono Dipanggil KPK Terkait LHKPN Tak Wajar Giliran Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono Dipanggil KPK Terkait LHKPN Tak Wajar   Reviewed by samsul huda on March 08, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD