Transaksi Mencurigakan di Ditjen Pajak dan Bea Cukai Rp 300 Triliun Libatkan 460 Pegawai - GROBOGAN TOP NEWS

Transaksi Mencurigakan di Ditjen Pajak dan Bea Cukai Rp 300 Triliun Libatkan 460 Pegawai

 

GTOPNEWS.COM -  Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, bahwa telah terjadi transaksi mencurigakan sebesar Rp 300 triliun di lingkungan di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan Direktorat Bea Cukai Kementerian Keuangan. Transaksi itu merupakan akumulasi laporan dari tahun 2009-2023.

‘’Dalam kurun waktu itu setidaknya terdapat 160 laporan yang melibatkan 460 orang lebih pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan khususnya di Ditjen Pajak dan Direktorat Bea Cukai,’’ kata Mahfud di Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta, Rabu (8/3/2023).

Transaksi mencurigakan itu ditemukan PPATK dan sudah dilaporkan ke Irjen Kementerian Keuangan. Tapi tidak ada kemajuan informasi penanganannya. 

‘’Baru setelah Rafael Alun kebongkar boroknya, baru Kepala Bea Cukai Yogyakarta dan Makassar diproses,’’ katanya.

Pihaknya berharap transkasi yang melibatkan 460 pegawai pajak dan bea cukai itu dibongkar habis. Sehingga Ditjen Pajak dan Direktorat Bea Cukai bersih dari permainan transaksi yang mencurigakan negara.

Mahfud mengaku prihatin bahwa respons dari pihak terkait selalu muncul ketika temuan sudah menjadi kasus seperti yang dialami mantan Kabag Umum Ditjen Pajak Jaksel II Rafael Alun Trisambodo.

‘’Rafael itu jadi kasus lalu dibuka. Padahal transaksi mencurigakan yang dilakukan sudah dilaporkan PPATK ke Irjen Kementerian Keuangan tapi didiemin,’’ ujarnya.

Ia mengatakan dulu Angin Prayitno (mantan Ditjen Pajak) melakukan transaksi tidak wajar sampai ratusan miliar.  Setelah kasusnya diungkap KPK baru transaksinya yang kemana-mana dibuka.

 

Menteri Keuangan  Sri Mulyani tengah menyelesaikan temuan-temuan ini. Dan Mahfud tak menyalahkan Sri Mulyani karena dalam rentang waktu 2009-2023 telah terjadi pergantian menteri keuangan sebanyak 4 kali.

‘’Laporan dari PPATK  selalu ke Irjen Kementerian Keuangan dan keirjenan ini baru bergerak kalau dipanggil,’’ ucap Mahfud. (syam/TN)

Transaksi Mencurigakan di Ditjen Pajak dan Bea Cukai Rp 300 Triliun Libatkan 460 Pegawai Transaksi Mencurigakan di Ditjen Pajak dan Bea Cukai Rp 300 Triliun Libatkan 460 Pegawai Reviewed by samsul huda on March 09, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD