Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan: Lingkungan Ditjen Pajak Ada Gengnya - GROBOGAN TOP NEWS

Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan: Lingkungan Ditjen Pajak Ada Gengnya

 

GTOPNEWS.COM – Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan menyebut, bahwa di lingkungan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan ada gengnya.

‘’Saat ini keberadaan geng itu tengah diusut pola keuangannya. Geng-geng  tersebut merupakan kumpulan para pejabat Ditjen Pajak yang tajir-tajir,’’ kata Pahala saat konferensi pers di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (1/3/2023).

Keberadaan geng itu terungkap setelah KPK mengklarifikasi kekayaan fantastis milik mantan Kepala Bagian (Kabag) Umum Kanwil Ditjen Pajak Jaksel II Rafael Alun Trisambodo. Dalam LKPHN kekayaannya dicantumkan mencapai Rp 56,1 miliar.

Pahala mengatakan kelompok itu bukan seperti kelompok anak sekolah. Dan bukan pula seperti kelompok nonmilitan. Mereka ini katanya betul-betul militan.

Meski demikian, pihaknya akan menelusuri kelompok itu bagaimana saling terhubungan satu sama lain dalam meraih penambahan harta dan bagaimana cara mereka menyamarkannya.

‘’Karenanya penting sekali cari tahu polanya, seperti PPATK sebut menggunakan perantara, melalui PT, dan sebagainya. Ini yang kami ingin dapatkan,’’ ujarnya.

Pihaknya sedang berusaha mempelajari pola aktivitas kekayaan pejabat-pejabat Kementerian Keuangan. Termasuk sumber harta lainnya seperti waris, hibah harta, maupun hibah tanpa harta.

Pahala menilai tidak masalah para pejabat terutama ASN memiliki harta banyak. Yang penting, pejabat itu dapat mempertanggungjawabkan sumber harta kekayaannya di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). (syam/TN)

Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan: Lingkungan Ditjen Pajak Ada Gengnya Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan:  Lingkungan Ditjen Pajak Ada Gengnya Reviewed by samsul huda on March 02, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD