Karena Terperiksa, Kementerian Keuangan Tolak Pengunduran Diri Rafael Alun dari ASN - GROBOGAN TOP NEWS

Karena Terperiksa, Kementerian Keuangan Tolak Pengunduran Diri Rafael Alun dari ASN

 

GTOPNEWS.COM – Kementerian Keuangan sudah menerima surat pengunduran diri Rafael Alun Trisambodo sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak. Surat itu tertanggal 27 Februari 2023.

Tapi berdasarkan aturan yang berlaku, Rafael yang masih dalam pemeriksaan di KPK tidak dapat mengundurkan diri dari ASN.

‘’Itu sebabnya Kementerian Keuangan menolak pengunduran diri yang bersangkutan dari ASN,’’ kata Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam konferensi pers di Gedung Radius Prawiro DJPK, Jakarta, Rabu (1/3/2023).

Ia mengatakan berdasar PP 11 Tahun 2019 sebagaimana diubah dengan PP 17 tahun 2000 dan kemudian Aturan Kepala BKN Nomor 3 Tahun 2000, maka pegawai yang sedang dalam pemeriksaan tidak dapat mengundurkan diri.

‘’Saya ingatkan saudara RAT masih berstatus sebagai ASN sehingga terikat aturan perundang-undangan yang mengatur kode etik ASN,’’ katanya.

Wamen Suahasil mengatakan, terkait pemeriksaan harta kekayaan, Rafael membantah kepemilikan mobil Rubicon, motor Harley Davidson, motor Yamaha, dan motor BMW Putih. "Mobil Rubicon, motor Harley Davidson, motor Yamaha, dan motor BMW Putih diakui RAT bukan miliknya, namun milik pihak lain.

Rafael mengaku mobil Rubicon milik kakaknya. Dan motor lainnya disebut milik anak menantunya.

‘’Tim pemeriksa Inspektorat Jenderal Kemenkeu meminta RAT menunjukkan bukti kepemilikan untuk memastikan pemilik dan status kendaraan itu," ujarnya.

Inspektorat Jenderal Kemenkeu bersama KPK tengah melakukan pendalaman lebih lanjut mengenai harta – harta Rafael yang belum dilaporkan di LHKPN.

Irjen dan KPK akan melihat kecocokan profil yang bersangkutan dengan SPT pajak yang disampaikan juga dengan pengakuan harta lainnya berupa properti, kendaraan, dan tas mewah.

Sebelumnya Rafael Alun Trisambodo mengajukan pengunduran diri sebagai pegawai Kemenkeu. Pengunduran diri itu karena anaknya Mario Dandy Satriyo (20) ditangkap polisi akibat melakukan penganiayaan terhadap David, anak pengurus pusat GP Ansor. (syam/TN)

Karena Terperiksa, Kementerian Keuangan Tolak Pengunduran Diri Rafael Alun dari ASN Karena Terperiksa, Kementerian Keuangan Tolak Pengunduran Diri Rafael Alun dari ASN Reviewed by samsul huda on March 01, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD