Usut Kekayaan Rafael Alun, Wakil Ketua KPK Nawawi: Jika Ditemukan Indikasi Korupsi Langsung Disidik - GROBOGAN TOP NEWS

Usut Kekayaan Rafael Alun, Wakil Ketua KPK Nawawi: Jika Ditemukan Indikasi Korupsi Langsung Disidik

 

GTOPNEWS.COM - KPK mengklarifikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) mantan Kabag Umum Kanwil Ditjen Pajak Jaksel II Rafael Alun Trisambodo.

Klarifikasi dilakukan karena harta kekayaan eks pejabat pajak itu, dinilai tak sesuai dengan profilnya sebagai pejabat eselon III di Kanwil Ditjen Pajak Jaksel II.

‘’Harta kekayaan mantan pejabat itu mencapai Rp 56 miliar. Besarnya harta kekeyaaan inilah  yang kita sorot,’’ kata Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango di Jakarta, Jumat (24/2/2023).

Kini Rafael dipecat Menteri Keuangan Sri Mulyani dari jabatannya. Tak lama setelah pemecatan itu, Rafael Alun, menyatakan mundur dari pegawai pajak.

Rafael adalah ayah Mario Dandy Satriyo, tersangka penganiayaan remaja bernama David, anak pengurus pusat GP Ansor. Penganiayaan itu menyebabkan korban tak sadarkan diri hingga harus dirawat di rumah sakit di Jakarta.

Berawal dari kasus inilah, ayahnya (Rafael Alun-red) terseret
dari kebrutalan anaknya hingga ditemukan adanya LHKPN yang irasional sebagai pejabat eselon III di Kanwil Ditjen Pajak Jaksel II.

Terkait dengan itu, Wakil Ketua KPK Nawawi meminta publik bersabar menunggu hasil klarifikasi Tim Direktorat LHKPN KPK ke Rafael.

‘’Bila ditemukan indikasi pidana tentu diteruskan pada langkah penyelidikan. Dan Direktorat Penyidikan KPK langsung melakukan penyidikan," ujarnya.

LHKPN Rafael itu merupakan laporan periodik tahun 2021 yang dilaporkan 17 Februari 2022. Laporan ini selain tak sesuai profil dari jabatannya, juga terkait tidak adanya mobil Rubicon dan motor Harley, yang dipamerkan anaknya Mario di media sosial, tidak dilaporkan dalam LHKPN Rafael.

Nawawi mengatakan KPK pernah melakukan analisis terhadap LHKPN Rafael pada 2012-2019 dan 2020. Hasilnya, KPK menemukan kekurangsesuaian antara harta Rafael dengan profilnya selaku ASN.

‘’KPK pernah mengirim surat 2020 ke Irjen Kementerian Keuangan Januari 2020 mengenai indikasi kekurangsesuaian profil Rafael,’’ katanya. (syam/TN)

Usut Kekayaan Rafael Alun, Wakil Ketua KPK Nawawi: Jika Ditemukan Indikasi Korupsi Langsung Disidik Usut Kekayaan Rafael Alun, Wakil Ketua KPK Nawawi: Jika Ditemukan Indikasi Korupsi Langsung Disidik Reviewed by samsul huda on February 26, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD