Mantan Kepala Bagian Umum Kanwil Ditjen Pajak Jaksel II Rafael Diperiksa KPK 1 Maret 2023 - GROBOGAN TOP NEWS

Mantan Kepala Bagian Umum Kanwil Ditjen Pajak Jaksel II Rafael Diperiksa KPK 1 Maret 2023

 

GTOPNEWS.COM - KPK bersama Kementerian Keuangan membahas Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) Rafael Alun Trisambodo,  mantan Kepala Bagian (Kabag) Umum Kanwil Ditjen Pajak Jaksel II di Kantor Kementerian Keuangan Jalan Dr Wahidin Raya Jakarta Pusat, Senin (27/2/2023).

Laporan itu dibahas karena diduga banyak harta kekayaan eks pejabat pajak eselon III tersebut, yang tidak dilaporkan ke LHKPN KPK seperti mobil mewah Robicon, motor gede (Moge) dan rumah mewah di Sulawesi.

Dua kendaraan itu sering dipamerkan anaknya Mario Dandy Satriyo (tersangka penganiaya David Latimahina) di Medsos.

Jubir Bidang Pencegahan KPK Ipi Maryati Kuding mengatakan Irjen Kementerian Keuangan menyerahkan pengusutan LHKPN Rafael ke KPK.

‘’Disepakati pemeriksaan lanjutan harta tak wajar Rafael dilakukan Rabu 1 Maret 2023 di KPK,’’ kata Ipi di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (27/2/2023) .

Dalam pemeriksaan itu KPK memanfaatkan laporan hasil analisis (LHA) Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) sebagai acuan dalam menelusuri aset yang dimiliki Rafael Alun.

Kabag Pemberitaaan KPK Ali Fikri membenarkan hal itu. Ia mengatakan bahwa KPK terus mengejar follow the money, sesuai LHA PPATK, Meskipun harta kekayaan itu tersimpan di luar Jakarta maupun luar negeri.

Pihaknya mengaku sering melakukan penyelidikan dengan menggunakan LHA PPATK terkait transaksi mencurigakan pejabat negara. Bahkan dari LHA PPATK itu  KPK bisa mengusut tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Sebelumnya PPATK mengaku sudah menyampaikan laporan transaksi mencurigakan dari mantan Kepala Bagian Umum Kanwil Ditjen Pajak Jaksel II Rafael Alun kepada penegak hukum.

Humas PPATK Natsir Kongah mengatakan, dengan laporan PPATK itu, berarti sudah ada indikasi tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang dilakukan Rafael Alun .

‘’Laporan itu sudah kami sampaikan ke KPK tahun 2012. Bila PPATK menyampaikan hasil analisisnya ke penegak hukum, tentu sudah ada indikasi TPPU yang dilakukan," kata Natsir di Jakarta, Jumat (24/2/2023). (syam/TN)

Mantan Kepala Bagian Umum Kanwil Ditjen Pajak Jaksel II Rafael Diperiksa KPK 1 Maret 2023 Mantan Kepala Bagian Umum Kanwil Ditjen Pajak Jaksel II Rafael Diperiksa KPK 1 Maret 2023 Reviewed by samsul huda on February 27, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD