PPATK Laporkan ke KPK Ada Perantara di Balik Transaksi Aneh Mantan Kabag Umum Ditjen Pajak Rafael - GROBOGAN TOP NEWS

PPATK Laporkan ke KPK Ada Perantara di Balik Transaksi Aneh Mantan Kabag Umum Ditjen Pajak Rafael

 

GTOPNEWS.COM - Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana menduga ada perantara di balik transaksi dari harta kekayaan Kabag Umum Kanwil Dijten Pajak Jaksel II Rafael Alun Trisambodo.

Iva menemukan ada transaksi aneh dari sebagian harta kekayaan Rafael.

"Yang signifikan itu harta kekayaannya tidak sesuai dengan profile yang bersangkutan sebagai pejabat eselon III. Selain itu  dia menggunakan pihak-pihak yang patut diduga sebagai nominee/perantara dalam mendapatkan harta kekayaan tersebut," kata Ivan di Jakarta, Jumat (24/2/2023).

Tidak dijelaskan perantara di balik transaksi mencurigakan Rafael. Namun yang pasti yang bersangkutan diduga menggunakan orang lain dalam bertransaksi demi kepentingan pribadi.

"Dia itu nyuruh orang buka rekening dan transaksi," katanya.

PPATK belum memerinci nominal transaksi mencurigakan yang melibatkan Rafael. Ivan menjelaskan bahwa temuan PPATK mengenai Rafael itu telah diserahkan kepada tim penyidik KPK jauh hari sebelum kasus penganiayaan yang dilakukan anaknya terhadap David, anak pengurus pusat PP GP Ansor.

Sementara itu Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan harta kekayaan mantan pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo bermasalah.

‘’Kini harta yang bersangkutan tengah diaudit Irjen Kementerian Keuangan, PPATK dan KPK,’’ kata Mahfud usai membuka acara Halaqoh Nasional Alim Ulama MP3I di Menara Peninsula Slipi.

Mahfud mengatakan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) sudah mengirimkan laporan transaksi Rafael ke KPK.

‘’PPATK menyebutnya sebagai transaksi aneh dan hal itu sudah dikirimkan ke KPK sejaki 2022, tapi belum ditindaklanjuti,’’ katanya.

Rafael Alun kini telah dicopot Menteri Keuangan Sri Mulyani dari jabatannya di Ditjen Pajak. Ayah Mario Dandy Satrio, tersangka penganiayaan anak pengurus pusat GP Ansor, Cristalino David Ozora alias David, ini memiliki harta Rp 56,1 miliar. Bahkan memiliki mobil mewah dan motor gede (moge) yang tak dilaporkan ke LHKPN KPK. Brang-barang itu sering dipamerkan anaknya Mario melalui Medsos. (syam/TN)

PPATK Laporkan ke KPK Ada Perantara di Balik Transaksi Aneh Mantan Kabag Umum Ditjen Pajak Rafael PPATK Laporkan ke KPK Ada Perantara di Balik Transaksi Aneh Mantan Kabag Umum Ditjen Pajak Rafael Reviewed by samsul huda on February 24, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD