Buronan KPK Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Ditangkap di Sentani Jayapura - GROBOGAN TOP NEWS

Buronan KPK Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Ditangkap di Sentani Jayapura

 

GTOPNEWS.COM - Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak (RPH) ditangkap di Jayapura, Papua, Minggu (19/2/2023). Yang bersangkutan adalah buronan KPK sejak 7 bulan lalu.

Ricky langsung dilarikan ke Brimob Polda Papua untuk menjalani pemeriksaan.

Kabag Pemberitaaan KPK Ali Fikri mengatakan Ricky telah meninggalkan Papua Nugini (PNG) awal Februari 2023 ke Jayapura, Papua.

"KPK kemudian minta bantuan Polda Papua mengamati dan menangkap DPO itu," kata Ali Fikri di Jakarta, Minggu (19/2/2023).

Sebelumnya KPK memantau pergerakan Ricky Ham Pagawak di Papua Nugini berkordinasi dengan Kedubes Indonesia di Port Miresbi PNG.

Ali mengatakan Ricky Ham Pagawak ditangkap di Sentani, Jayapura. Ricky kemudian dibawa ke Mako Brimob Polda Papua untuk menjalani pemeriksaan.

Ricky Ham Pagawak telah ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus suap proyek-proyek pengadaan barang/jasa di Pemkab Mamberamo Tengah tahun 2013-2019.

Terkait dengan itu, KPK telah melakukan penggeledahan di sejumlah tempat mulai dari Kabupaten Bekasi (Jabar), Jakarta, hingga Sleman (DIY).

KPK juga melakukan penggeledahan di beberapa rumah tersangka di Jayapura, Kabupaten Bekasi, Jakarta Pusat dan Kabupaten Sleman.

KPK menemukan dan mengamankan beberapa bukti berupa dokumen lelang, kontrak dan transaksi aliran sejumlah uang yang diduga diterima oleh tersangka.

Ricky kabur ke Papua Nugini usai ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus suap dan gratifikasi di Pemkab Memberamo Tengah Juli 2022. (syam/TN)

Buronan KPK Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Ditangkap di Sentani Jayapura Buronan KPK Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Ditangkap di Sentani Jayapura Reviewed by samsul huda on February 19, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD