Izil Azhar, Buronan KPK dalam Kasus Korupsi Dermaga Sabang Ditangkap di Banda Aceh - GROBOGAN TOP NEWS

Izil Azhar, Buronan KPK dalam Kasus Korupsi Dermaga Sabang Ditangkap di Banda Aceh

 

GTOPNEWS.COM – Buron KPK empat tahun, akhirnya ditangkap. Adalah Izil Azhar, yang masuk daftar pencarian orang (DPO) ditangkap KPK di Banda Aceh.

Buronan itu terlibat kasus dugaan gratifikasi proyek pembangunan Dermaga Bongkar Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang tahun anggaran 2006-2011.

Kabag Pemberitaaan KPK Ali Fikri mengatakan, buronan itu ditangkap atas bantuan Polda Aceh.

"Dengan bantuan tim Polda itu, DPO KPK atas nama Izil Azhar berjasil ditangkap di Banda Aceh, Selasa 24 Januari 2023," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (24/1/2023).

Izil Azhar adalah orang kepercayaan mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf. Izil dinyatakan DPO sejak November 2018.

Ali mengatakan buronan itu ditangkap Tim KPK di sekitar Banda Aceh. Koordinasi antara Tim KPK dan Polda Aceh sudah dilakukan sejak Desember 2022.

KPK katanya mengapresiasi jajaran Polda Aceh yang membantu KPK dalam pencarian dan penangkapan buronan itu. Selanjutnya Izil dibawa ke Jakarta KPK untuk menjalani pemeriksaan.

Sebelumnya Izil adalah mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Kota Sabang, sebelum perjanjian damai di Aceh.   

Dia merupakan tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi penerimaan gratifikasi bersama-sama Irwandi Yusuf selaku Gubernur Aceh periode 2007-2012.

Nama lain Izil adalah Ayah Merin disebut sebagai orang kepercayaan Irwandi Yusuf. Bersama Irwandi, Izil diduga bersama-sama menerima gratifikasi totalnya Rp 32 miliar. (syam/TN)

Izil Azhar, Buronan KPK dalam Kasus Korupsi Dermaga Sabang Ditangkap di Banda Aceh Izil Azhar, Buronan KPK dalam Kasus Korupsi Dermaga Sabang Ditangkap di Banda Aceh Reviewed by samsul huda on January 24, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD