Buron KPK Tiba di Jakarta Dengan Tangan Diborgol, Langsung Jalani Pemeriksaan - GROBOGAN TOP NEWS

Buron KPK Tiba di Jakarta Dengan Tangan Diborgol, Langsung Jalani Pemeriksaan

 

GTOPNEWS.COM – Izil Azhar, buron KPK tiba di Gedung Antirasuah Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu 25 Januari 2023 pukul 19.43 WIB.

Tersangka korupsi gratifikasi proyek dermaga Sabang senilai Rp 32,45 miliar itu, langsung menjalani pemeriksaan di lantai II Gedung KPK.

Kabag Pemberitaaan KPK Ali Fikri mengatakan, mantan Panglima GAM itu, tiba dengan tangan diborgol dikawal petugas kepolisian dan penyidik KPK.

Sebelumnya Izil Azhar ditangkap tim penyidik KPK di Simpanglima Banda Aceh dengan dibantu jajaran Polda Aceh Selasa 24 Januari 2023 siang.

‘’Izil yang masuk dalam datar pencarian orang (DPO) sejak November 2018 itu dipantau penyidik KPK secara intens sejak akhir tahun 2022,’’ kata Ali di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (25/1/2023).

Terkait dengan itu, KPK sebelumnya menjalin koordinasi dengan Polda Aceh. Koordinasi tersebut dilakukan secara masif sejak Desember 2022.

Izil Azhar merupakan tersangka kasus dugaan gratifikasi proyek dermaga Sabang yang melibatkan mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf. Izil diumumkan KPK masuk dalam daftar pencarian orang sejak 26 Desember 2018.

Yang bersangkutan ditetapkan KPK sebagai tersangka gratifikasi Rp 32,45 miliar bersama Irwandi. Dalam catatan KPK, Izil sudah dua kali dipanggil penyidik tetapi selalu mangkir.

Izil Azhar adalah orang kepercayaan eks Gubernur Aceh Irwandi Yusuf. Dirut PT Tuah Sejati Taufik mengaku sering dimintai Izil sejumlah untuk kepentingan Irwandi. Total uang yang diminta sekitar Rp 32,4 miliar.

Perusahaan Tuah Sejati itu tergabung dalam joint operation (JO) PT Nindya Karya untuk menggarap proyek dermaga Sabang. (syam/TN)

Buron KPK Tiba di Jakarta Dengan Tangan Diborgol, Langsung Jalani Pemeriksaan Buron KPK Tiba di Jakarta Dengan Tangan Diborgol, Langsung Jalani Pemeriksaan Reviewed by samsul huda on January 25, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD