Wakil Ketua KPK Alexander Marwata: Pilkada Langsung Tidak Efisien - GROBOGAN TOP NEWS

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata: Pilkada Langsung Tidak Efisien

 

GTOPNEWS.COM - Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menilai bahwa pemilihan kepala daerah (pilkada) selama ini tidak efisien. Terutama di daerah-daerah yang masyarakatnya masih jauh tertinggal.

Ia mengatakan pilkada memakan anggaran besar, namun kepala daerah yang terpilih justru kinerjanya buruk. Banyak dari mereka yang terseret kasus korupsi.

Pihaknya mengaku sudah berdiskusi dengan Kementerian Dalam Negeri, anggota DPR, hingga para pimpinan partai politik agar untuk beberapa daerah lebih baik tak melakukan pilkada.

Daerah-daerah yang dimaksud menurutnya daerah yang masyarakatnya belum siap untuk melakukan pemilihan umum.

"Kita petakan, saya yakin jauh lebih efektif dan efisien ketika kepala daerah di beberapa daerah yang belum siap masyarakatnya pilkada langsung kepala daerahnya ditunjuk pusat," kata Alex dalam peringatan Hari Antikorupsi di Kementerian Keuangan Jakarta yang disiarkan virtual, Selasa (13/12/2022).

Daerah yang dia maksud misalnya yang pendidikan masyarakatnya rendah, masih banyak gizi buruk, hingga fasilitas kesehatannya kurang baik.

"Kita ada peta persoalan masalah di daerah, misal di daerah timur masalah stunting, gizi buruk, pendidikan rendah, fasilitas kesehatan kurang baik,katanya.

Dia mengusulkan gubernur atau kepala daerah lainnya dipilih langsung dari pusat. Skemanya bagaikan menunjuk manajer di sebuah di perusahaan saja. Digaji tiap bulan, diberikan tujuan untuk dicapai, bila tidak mampu mencapai tujuannya maka dipecat dan diganti orang lain.

Misal setahun tidak melakukan tugas dengan baik bisa langsung dipecat, tak perlu menunggu selama lima tahun alias satu periode.

"Tinggal tunjuk saja semacam manajer yang baik, gaji tiap bulan, Rp 500 juta misalnya. Nggak perform satu tahun, ganti, pecat. Sekarang kalau nggak perform lima tahun waktunya habis, sialnya dia kepilih lagi, 10 tahun duit habis masyarakat nggak sejahtera," ujarnya. (syam/TN)

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata: Pilkada Langsung Tidak Efisien Wakil Ketua KPK Alexander Marwata: Pilkada Langsung Tidak Efisien Reviewed by samsul huda on December 13, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD