KPK Tindak Tegas Pelaku Korupsi di Sektor Pertambangan dan Perkebunan - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Tindak Tegas Pelaku Korupsi di Sektor Pertambangan dan Perkebunan

 

GTOPNEWS.COM – KPK secepatnya bergerak menindak tegas pelaku tindak pidana korupsi (TPK) di sektor pertambangan. Itu sebabnya KPK menyatakan serius dalam memantau potensi kasus tersebut di sektor pertambangan dan perkebunan perkebunan sawit.

"KPK lewat Koordinasi dan Supervisi (Korsup)  sektor SDA (Sumber Daya Alam) tengah memonitor tata kelola pertambangan dan perkebunan sawit," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Jakarta, Senin (7/11).

Ia mengatakan bahwa KPK sudah melakukan beberapa kajian tambang, khususnya batu bara. KPK juga telah melakukan perbaikan sistem melalui Sistem Informasi Pengelolaan Batu Bara (Simbara).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri menjelaskan bahwa sektor pertambangan salah satu sektor strategis nasional yang memiliki risiko tinggi terjadinya tindak pidana korupsi.

"Pertambangan itu menopang hajat hidup orang banyak, sumber energi pembangunan, namun sekaligus punya risiko tinggi terjadinya tindak pidana korupsi," ujarnya.

Ia membenarkan bahwa KPK  telah melakukan kajian pengelolaan sumber daya alam (SDA) agar secara sistemik dapat memperbaiki tata kelolanya dari hulu ke hilir, dan pemanfaatannya optimal bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Melalui Kedeputian Bidang Koordinasi dan Supervisi, KPK bersama sejumlah pihak juga membentuk Satuan Tugas (Satgas) Perbaikan Tata Kelola Pertambangan.

Satgas itu beranggotakan Kementerian Investasi/Badan Penanaman Modal, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, dan Pemerintah Daerah.

Satgas dibentuk karena praktik korupsi di sektor pertambangan marak sekali. Mulai dari banyaknya penerbitan Izin Usaha Pertambangan yang tidak berstatus clean and clear, hingga banyak tumpang tindih hak guna usaha yang berada di lokasi izin pertambangan dan lokasi izin usaha pemanfaatan hasil hutan kayu pada tanaman industri (IUPHHK-HTI). (syam/TN).

KPK Tindak Tegas Pelaku Korupsi di Sektor Pertambangan dan Perkebunan KPK Tindak Tegas Pelaku Korupsi di Sektor Pertambangan dan Perkebunan Reviewed by samsul huda on November 09, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD