Rektor Unila Lampung Diduga Menerima Titipan Calon Mahasiswa dari Mantan Kepala Daerah, Dokter dan Pengusaha - GROBOGAN TOP NEWS

Rektor Unila Lampung Diduga Menerima Titipan Calon Mahasiswa dari Mantan Kepala Daerah, Dokter dan Pengusaha

 

GTOPNEWS.COM - KPK meminta Rektor Universitas Negeri Lampung (Unila) nonaktif Karomani mengungkap mantan kepala daerah yang menitipkan anaknya jadi calon mahasiswa universitas itu.

KPK meminta masalah tersebut disampaikan ke penyidik KPK, bukan informasinya diumbar bergulir ke publik.

"Sampaikan saja ke penyidik supaya dituangkan dalam BAP sebagai alat bukti," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (13/9/2022).

Pihaknya segera menuntaskan perkara yang korupsi yang menjerat Rektor Karomani. Jika ditemukan cukup bukti kata Ali, KPK akan menindak tegas pihak lain yang diduga terlibat dalam perkara tersebut.

"Siapapun dan pihak manapun, jika ditemukan alat bukti cukup, dipastikan penyidikan perkara ini dikembangkan lebih lanjut," katanya.

Sebelumnya pengacara Karomani, Ahmad Handoko mengatakan bahwa Rektor Unila itu, menerima calon mahasiswa titipan dari sejumlah pihak, salah satunya dari mantan kepala daerah, dokter, pengusaha, dan lainnya.

‘’Titipan itu diminta agar diloloskan ke Fakultas Kedokteran,’’ kata Handoko.

Ia mengataan bahwa nama – nama titipan itu tidak akan dijelaskan ke publik karena masuk ranah kontruksi penyidikan. Nama-nama tersebut katanya, hanya akan diungkap di persidangan.

Sebelumnya Rektor Unila Lampung Karomani telah ditetapkan KPK sebagai tersangka jual beli penerimaaan mahasiswa jalur mandiri tahun 2022 di universitas itu.

KPK juga menetapkan Wakil Rektor I Bidang Akademik Unila Heryandi, Ketua Senat Muhammad Basri dan pihak swasta Andi Desfiandi sebagai tersangka.

KPK menyita uang tunai Rp 414,5 juta, slip setoran deposito senilai Rp 800 juta dan kunci safe deposit box yang diduga berisi emas bangan senilai Rp 1,4 miliar dalam OTT di Bandung dan Lampung.

KPK juga menyita kartu ATM dan buku tabungan berisi uang sebesar Rp 1,8 miliar dari tangan tersangka.

Karomani diduga mematok harga untuk mahasiswa yang ingin lolos dari seleksi jalur mandiri Rp 100 juta - Rp 350 juta. (syam/TN)

Rektor Unila Lampung Diduga Menerima Titipan Calon Mahasiswa dari Mantan Kepala Daerah, Dokter dan Pengusaha Rektor Unila Lampung Diduga Menerima Titipan Calon Mahasiswa dari Mantan Kepala Daerah, Dokter dan Pengusaha Reviewed by samsul huda on September 13, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD