Wakil Ketua KPKI Lili Pintauli Siregar Mundur Jelang Sidang Etik - GROBOGAN TOP NEWS

Wakil Ketua KPKI Lili Pintauli Siregar Mundur Jelang Sidang Etik

 

GTOPNEWS.COM – Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar mengundurkan diri dari KPK. Komisioner KPK itu menyatakan mundur  sebelum sidang etik terhadapnya digelar Dewan Pengawas (Dewas), Senin (11/7/2022).

Sedianya dia menghadapi sidang etik terkait dugaan penerimaan fasilitas menonton MotoGP Mandalika, Lombok Maret 2022.

Sidang etik itu awalnya dijadwalkan 5 Juli 2022. Namun sidang tersebut diundur karena Lili menjadi pembicara Anti-Corruption Watch Group (ACWG) G20 di Bali.

Akhirnya sidang etik itu dijadwalkan ulang  11 Juli 2022. Namun, sebelum sidang dimulai, Lili menyatakan mundur dari KPK. Praktis sidang etik tersebut dinyatakan batal demi hukum.

Dewas KPK menyatakan sidang etik Lili itu gugur akibat yang bersangkutan mengajukan pengunduran diri ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) 30 Juni 2022. Dan Surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 71/P/2022 mengenai pegunduran diri Wakil Ketua KPK tersebut diterima Dewas KPK 11 Juli 2022.

Tumpak H Panggabean selaku ketua majelis sidang etik mengatakan
Dewas tidak bisa mengadili etik terhadap Lili karena sudah bukan bagian dari KPK lagi.

"Menyatakan gugur sidang etik dugaan pelanggaran kode etik atas nama terperiksa Lili Pintauli Siregar dan menghentikan penyelenggaraan etik," kata Tumpak.

Ia mengatakan dugaan pelanggaran kode etik, dan kode perilaku KPK atas nama terpriksa Lili tidak dapat dipertanggungjawabkan lagi. Dengan itu cukup alasan bagi majelis etik untuk menyatakan persidangan etik gugur dan tidak melanjutkan persidangan etik.

Lili menyatakan menerima putusan majelis. Bahkan yang bersangkutan mengucapkan terima kasih atas putusan tersebut.

Sebelum meninggalkan ruang sidang, Lili menyalami majelis etik.

Tercatat Lili berkali-kali dilaporkan ke Dewas KPK. Terbaru, dia diduga menerima fasilitas dan akomodasi menonton gelaran MotoGP Mandalika Maret 2022. Lili Pintauli diduga menerima tiket penginapan dan tiket MotoGP Mandalika.

Dewas KPK sempat meminta konfirmasi ke Pertamina, dan meminta dokumen-dokumen terkait dengan kasus itu.

Dokumen itu antara lain tiket MotoGP pada Grandstand Premium Zone A-Red dan penginapan di Amber Lombok Beach Resort. Lili pernah dijatuhi sanksi etik pemotongan gaji terkait penyalahgunaan pengaruh dan hubungannya dengan pihak berperkara di KPK, yakni Walkot Tanjungbalai nonaktif M Syahrial. (syam/TN)

Wakil Ketua KPKI Lili Pintauli Siregar Mundur Jelang Sidang Etik Wakil Ketua KPKI Lili Pintauli Siregar Mundur Jelang Sidang Etik Reviewed by samsul huda on July 11, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD