SGB, Semen Grobogan Aplikasi Kualitas Tinggi dan Ramah Lingkungan - GROBOGAN TOP NEWS

SGB, Semen Grobogan Aplikasi Kualitas Tinggi dan Ramah Lingkungan

 

GROBOGAN (GTopNews.Com) –  Semen Grobogan (SGB) beroperasi di Desa Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Semen baru ini dalam aplikasinya diklaim berkualitas tinggi dan ramah lingkungan.

‘’Memang hasil laboratnya menyatakan seperti itu,’’ kata Staf Khusus PT Semen Grobogan Tonny Santoso di Semarang, Kamis (14/3/2022).

Ia mengatakan PT Semen Grobogan adalah produsen semen di Kabupaten Grobogan dengan kapastitas produksi 8.000 ton per hari.

Saat ini katanya produksinya masih 6.000 ton per hari, menyesuaikan tahapan uji coba mesin. Rencananya sebulan sampai tiga bulan mendatang, produksinya akan ditingkatkan menjadi 8.000 ton per hari sesuai izin yang diajukan ke Kementerian ESDM.

‘’Misal hari ini uji coba mesin dengan kapastitas produksi 6.000 ton per hari dinyatakan tim teknis berhasil maka produksinya langsung ditingkatkan menjadi 8.000 ton per hari,’’ kata Tonny.

Setelah mampu memproduksi 8.000 ton per hari, rencananya pihak pabrik akan melaunching dengan mengundang Kementerian Perindustrian dan Kementerian ESDM.

Tonny mengatakan Semen Grobogan (SGB) atau Portland Composite Cement (PCC) memiliki karakteristik luas sebagai bahan pengikat untuk kontruksi umum, pasangan batu, paving blok, plesterian dan acian.

Dari hasil labobrat diketahui bahwa SGB memiliki keunggulan dalam hal workability (kemungkinan untuk dilaksanakan-red) yang lebih baik.

Semen Grobogan (SGB) yang diujicoba enam bulan lalu menyediakan dalam bentuk kemasan 40 kg, kemasan 50 kg dan curah.

‘’Semua barang kemasan dan curah produksi Semen Grobogan itu kini telah meramaikan pasar Jateng-DIY dan Pulau Jawa. Kami siap melayani kebutuhan konsumen dalam partai besar maupun kecil,’’ ujarnya.

SGB diklaim mempunyai beberapa keunggulan. Di antaranya keunggulan aplikasi adukan, yaitu dapat bercampur dengan bahan lain dengan mudah. Kemudian aplikasi beton, dijamin kuat dan padat.

Mengenai aplikasi pasang bata dinilai sudah terbukti bahwa daya rekatnya tinggi dan kuat. Lalu aplikasi plesteran yakni mudah menempel, rapat dan kuat.

Berikutnya adalah aplikasi acian, sebarannya luas dan mampu menutup pori-pori dalam acian itu, dengan cepat. (syam/TN)

SGB, Semen Grobogan Aplikasi Kualitas Tinggi dan Ramah Lingkungan SGB, Semen Grobogan Aplikasi Kualitas Tinggi dan Ramah Lingkungan Reviewed by samsul huda on April 14, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD