PBNU- KPK Teken MoU Berantas Korupsi - GROBOGAN TOP NEWS

PBNU- KPK Teken MoU Berantas Korupsi

 

GTOPNEWS.COM - KPK kerja sama dengan PBNU memberantas korupsi melalui program pencegahan.

Kerja sama itu diwujudkan dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di Gedung PBNU Jakarta, Selasa (19/4/2022).

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan dalam memberantas korupsi, pihaknya tak bisa bekerja sendiri. Itu sebabnya perlu bantuan dari PBNU dan ormas lainnya.

‘’Hari ini pasukan antikorupsi bertambah dengan telah ditandatanganinya nota kesepahaman antara PBNU dan KPK,’’ katanya.

Pihaknya mengaku memiliki keyakinan dan harapan besar terhadap pengurus PBNU dari pusat sampai cabang dan ranting karena sesungguhnya KPK sangat menyadari bahwa pemberantasan korupsi tidak bisa dilakukan dan ditangani oleh KPK sendiri.

Ketua KPK Firli berharap bahwa kerja sama dengan PBNU ini dapat membersihkan praktik-praktik korupsi di Indonesia.

"Sungguh besar harapan kami kepada Ketua PBNU Gus Yahya, mudah-mudahan ini bisa kita laksanakan dan bergandengan tangan untuk membersihkan negeri ini dari praktik-praktik korupsi," ujarnya.

Ketua PBNU Yahya Cholil meminta KPK memberikan pelatihan, penyuluhan, pendidikan, dan pencegahan korupsi kepada jajaran NU. Karena materi ini merupakan upaya NU mendukung pencegahan korupsi.

"Kerja sama NU dan KPK ini sebagai ikhtiar operasional, karena kita ingin persis seperti yang disampaikan Pak Firli tadi, yaitu ingin membangun peradaban yang bersih, yang adil, bersih dari korupsi," kata Gus Yahya.

Ia mengatakan, korupsi adalah perbuatan zalim. Karenanya wajib di berantas melalui pencegahan.

Fungsi pemberantasan korupsi dinilainya sebagai upaya perbaiki sistem dari kemungkinan praktik yang tidak pada tempatnya, bahasa agamanya zalim.

‘’Zalim itu ancamannya dihancurkan oleh Allah. Bahaya sekali korupsi ini karena korupsi adalah virus kezaliman di dalam bernegara,’’ ujarnya.

Dikatakan fungsi KPK luar biasa penting. Menurutnya KPK ini adalah salah satu sendi pokok yang sangat diperlukan untuk mencegah jangan sampai Indonesia mengalami kehancuran.

Yahya menyebut NU ingin mengambil peran dalam pemberantasan korupsi. Menurutnya, usaha pemberantasan korupsi membutuhkan mentalitas yang kuat. (syam/TN)

PBNU- KPK Teken MoU Berantas Korupsi PBNU- KPK Teken MoU Berantas Korupsi Reviewed by samsul huda on April 19, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD