KPK Amankan Sejumlah Uang Tunai dalam OTT Bupati Bogor Ade Yasin dan Auditor BPK - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Amankan Sejumlah Uang Tunai dalam OTT Bupati Bogor Ade Yasin dan Auditor BPK

 

GTOPNEWS.COM – Satgas Penindakan KPK menyita sejumlah uang tunai dan barang bukti (BB) lainnya dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin  dan auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Barat.

"Saat ini mereka tengah menjalani pemeriksaan di Bogor, dan siang ini akan dibawa ke Gedung KPK Jakarta," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron melalui keterangan tertulis di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (27/4/2022).

Ghufron mengatakan uang tunai itu disita dari tangan auditor BPK dan kini diamankan untuk barang bukti.  Uang tersebut masih dalam proses perhitungan tim penyidik.

Pihaknya membenarkan bahwa penangkapan itu berlangsung secara paralel, yaitu dari sejumlah auditor BPK Perwakilan Jabar, kemudian berlanjut ke Bupati Ade Munawaroh Yasin di rumah dinasnya.

"Saat ini status mereka masih sebagai terperiksa. Setelah selesai pemeriksaan, nanti kronologi kasusnya akan kami sampaikan detail melalui konferensi pers," kata Ghufron.

Ia mengatakan Ade M Yasin dan sejumlah pihak lainnya dari BPK Perwakilan Jabar ditangkap KPK dalam OTT yang digelar Selasa-Rabu 26-27 April 2022 di Bogor. Penangkapan itu terkait dengan kasus dugaan tindak pidana (TPK) suap.

Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin adalah adik kandung eks Bupati Bogor Rahmat Yasin, yang baru saja keluar dari Lapas Sukamiskin Bandung.

Rahmat Yasin ditangkap KPK di rumah pribadinya perumahan Yasmin Bogor 7 Mei 2014.

Berdasarkan ketentuan Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang diamankan. (syam/TN)

KPK Amankan Sejumlah Uang Tunai dalam OTT Bupati Bogor Ade Yasin dan Auditor BPK KPK Amankan Sejumlah Uang Tunai dalam OTT Bupati Bogor Ade Yasin dan Auditor BPK Reviewed by samsul huda on April 27, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD