Kementerian ESDM Perpanjang Pemberian Harga Khusus Batubara untuk Semen & Pupuk US$ 90/Ton - GROBOGAN TOP NEWS

Kementerian ESDM Perpanjang Pemberian Harga Khusus Batubara untuk Semen & Pupuk US$ 90/Ton

 

GTOPNEWS.COM - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akhirnya memperpanjang harga khusus batubara untuk industri semen dan pupuk sebesar US$ 90 per ton.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, bahwa pihaknya akan melanjutkan kebijakan khusus yang telah dikeluarkan itu. Tdak dijelaskan sampai kapan batas waktu perpanjangan kebijakan harga murah untuk semen dan pupuk tersebut.

"Yang pasti lanjut terus, dan harga untuk industri semen, pupuk dan pembangkit listrik sudah diatur dalam kebijakan tersebut," kata Menteri ESDM Arifin Tasrif di Yogyakarta, Jumat (25/3/2022).

Sebelumnya Kementeria ESDM mengeluarkan kebijakan harga khusus untuk industri semen dan pupuk US$ 90 per ton. Kebijakan itu tertuang  dalam  dalam Keputusan Menteri ESDM No.206/2021 tentang Harga Jual Batu Bara Untuk Pemenuhan Bahan Baku Industri Semen dan Pupuk.  

Kepmen itu berlaku sejak 1 November 2021 -  31 Maret 2022. Artinya, seminggu lagi kebijakan tersebut akan berakhir.

Kebijakan harga khsus semen, pupuk dan pembangkit listrik itu dikeluarkan akibat meningginya harga batubara di dunia ekspor yang pernah mencapai titik tertinggi US$ 400 per ton.

Sebelumnya Dirjen Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin mengatakan, bahwa kebijakan itu juga berlaku untuk pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) yang ditetapkan sebesar US$ 70 per ton.

Skema harga khusus untuk industri semen dan pupuk US$ 90 per ton dan pembangkit listrik US$ 70 per ton itu merupakan harga patokan tertinggi transaksi jual beli batubara dalam negeri.

Kebijakan itu berlaku bila harga batubara dunia melambung lebih dari harga patokan tersebut. Namun bila hargabatu bara dunia melemah dan lebih rendah dari harga patokan, maka transaksi pembangkit listrik, industri semen dan pupuk mengacu pada Harga Batu Bara Acuan (HBA). (syam/TN)

Kementerian ESDM Perpanjang Pemberian Harga Khusus Batubara untuk Semen & Pupuk US$ 90/Ton Kementerian ESDM Perpanjang Pemberian Harga Khusus Batubara untuk Semen & Pupuk US$ 90/Ton Reviewed by samsul huda on March 25, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD