KPK Geledah Sejumlah Rumah Tersangka di Balikpapan Terkait Kasus yang Menjerat Bupati Abdul Gafur - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Geledah Sejumlah Rumah Tersangka di Balikpapan Terkait Kasus yang Menjerat Bupati Abdul Gafur

 

GTOPNEWS.COM – Tim Penyidik KPK melanjutkan penggeledahan di Pemkab Penajam Paser Utara (PPU). Pada hari kedua ini, penggeledahan berlangsung di beberapa tempat di wilayah Pemkab PPU dan Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim).

Penggeledahan itu terkait dengan perkara yang menjerat Bupati PPU Abdul Gafur Mas'ud dan 5 tersangka lainnya.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan penggeledahan hari kedua ini berlangsung di beberapa kediaman tersangka di wilayah Pemkab PPU dan Balikpapan.

Belum diketahui hasil dari penggeledahan itu. Ali Fikri mengatakan tim KPK masih bergerak secara maraton di lapangan untuk mengumpulkan barang bukti tambahan.

 ‘’Kalau sudah selesai, nanti hasilnya kita ekspos ke publik,’’ kata Ali Fikri.

Sebelumnya Abdul Gafur Masud dan 5 tersangka lainnya ditetapkan KPK sebagai tersangka dugaan suap proyek pembangunan jalan, gedung  dan perizinan kelapa sawit dan pemecah batu di Dinas PUPR Pemkab Penajam Paser Utara.

Dari 5 tersangka itu, satu di antaranya Bendahara DPC Partai Demokrat Balikpapan Nur Afifah Balqis. Terkait dengan ini, KPK akan menyusuri ada tidaknya aliran dana suap ke partai.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata kepala daerah 99 persen mutlak berafiliasi dengan partai politik, kecuali dari independen. Karena mereka hanya bisa dijagokan oleh partai pendukung.

Abdul Gafur sendiri adalah kader Partai Demokrat yang didukung oleh partai-partai koalisi.

Saat OTT bendahara itu ikut Bupati Abdul Gofur ke Jakarta membawa uang Rp 1 miliar. Untuk apa uang tersebut masih dalam proses penyidikan. Yang pasti saat di OTT di Kalimantan Timur tengah akan ada pemilihan Ketua DPD Partai Demokrat. Abdul Gafur menjadi salah seorang kandidat calon ketua di sana. (syam/TN)


KPK Geledah Sejumlah Rumah Tersangka di Balikpapan Terkait Kasus yang Menjerat Bupati Abdul Gafur KPK Geledah Sejumlah Rumah Tersangka di Balikpapan Terkait Kasus yang Menjerat Bupati Abdul Gafur Reviewed by samsul huda on January 18, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD