141 OTT KPK, Plt Jubir KPK Ali Fikri: 100 Persen Terbukti di Persidangan - GROBOGAN TOP NEWS

141 OTT KPK, Plt Jubir KPK Ali Fikri: 100 Persen Terbukti di Persidangan

 

GTOPNEWS.COM – Plt Jubir KPK Ali Fikri menyatakan, bahwa pihaknya telah melakukan 141 operasi tangkap tangan (OTT) sejak KPK berdiri. Dari sejumlah OTT itu, 100 persen terbukti di persidangan.

‘’Ini membuktikan bahwa OTT selalu berdasar data dan fakta,’’  kata Ali di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (10/1/2022).

Pihaknya tak mempersoalkan pro kontra tentang pelaksanaan OTT KPK. Termasuk pro kontra yang muncul setelah OTT terhadap Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi (Pepen).

Ia mengatakan pasca OTT KPK di Bekasi 5 Januari 2022, telah memunculkan beragam persepsi dan opini publik karena adanya pembelaan dari keluarga.

Namun katanya KPK mendapat dukungan dari masyarakat karena melakukan OTT tanpa pandang bulu.

Pihaknya khawatir, narasi yang bertolak belakang dengan fakta-fakta hukum di lapangan, justru akan mengkorupsi hak publik untuk mengetahui Informasi yang sebenarnya.

Dikatakan pemberantasan korupsi KPK menjunjung tinggi asas dan norma hukum. Dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya berpedoman asas-asas kepastian hukum, keterbukaan, akuntabilitas, kepentingan umum, proporsionalitas, dan penghormatan terhadap hak asasi manusia.

Mengenai opini OTT tanpa bukti yang  mengemuka di ruang publik, pihaknya menyatakan prihatin. Meski demikian KPK akan terus fokus menyelesaikan penyidikan dan penuntutan.

‘’Majelis hakim yang akan memutus sesuai kewenangan dan independensinya, apakah pihak-pihak dimaksud dalam OTT atas perkara korupsi pengadaan barang dan jasa serta lelang jabatan di Kota Bekasi ini terbukti bersalah atau tidak," ujar Ali.

Sebelumnya Ketua DPD Golkar Kota Bekasi yang juga putri kandung Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Ade Puspitasari, menyebut OTT yang KPK terhadap ayahnya merupakan pembunuhan karakter. Karena tidak ada uang sepeser pun yang dibawa KPK saat menangkap ayahnya.

Dia menilai penangkapan ini sebagai upaya menjatuhkan nama baik ayahnya.

‘’Saksi banyak, staf Pak Wali yang di rumah itu saksi semua. Bagaimana Pak Wali dijemput di rumah, bagaimana Pak Wali hanya membawa badan. KPK hanya membawa badan Pak Wali, tidak membawa uang sepeser pun," katanya di hadapan kader-kader  Golkar Bekasi. (syam/TN)

141 OTT KPK, Plt Jubir KPK Ali Fikri: 100 Persen Terbukti di Persidangan 141 OTT KPK, Plt Jubir KPK Ali Fikri: 100 Persen Terbukti di Persidangan Reviewed by samsul huda on January 10, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD