Pengurus Lengkap PBNU 2021-2026 Diumumkan Sebulan Setelah Muktamar - GROBOGAN TOP NEWS

Pengurus Lengkap PBNU 2021-2026 Diumumkan Sebulan Setelah Muktamar

 

GTOPNEWS.COM - KH Miftachul Akhyar dan Yahya Cholil Staquf  (Gus Yahya) terpilih sebagai Rais Aam dan Ketua Umum PBNU periode 2021-2026 Muktamar NU ke-34 di Lampung, Jumat (24/12/2021).

Rais Aam itu dipilih sembilan kyai sepuh (ahli halli wal aqdi (Ahwa).

Sembilan kyai sepuh itu adalah KH Anwar Manshur, KH Ahmad Mustofa Bisri, KH Dimyati Rois, KH Ma’ruf Amin, KH Nurul Huda Djazuli, TGH Turmudzi Badruddin, KH Ali Akbar Marbun, KH Miftahul Akhyar dan KH Zainal Abidin.

Sembilan kyai itu sepakat meminta KH Miftachul Akhyar mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan kosentrasi di Rois Aam PBNU 2021-20126.

Rois Aam dalam NU adalah pengendali organisasi, adapun Tanfidziyah merupakan penggerak dan pelaksana organisasi.  

Sekretaris Panitia Muktamar Syahrizal Syarief mengatakan susunan pengurus lengkap akan dipilih melalui formatur. Rencannya pengurus lengkap itu akan diumumkan sebulan setelah Muktamar Lampung.

Syuriah dalam kepengurusan PBNU menempati posisi paling utama. Syuriah terdiri dari Rais Aam, Wakil Rais Aam, Katib Aam, beberapa Wakil Katib, dan A’wan.

Tugas pokok syuriah adalah menentukan arah kebijakan NU. Memberikan petunjuk, bimbingan dan pembinaan, memahami, mengamalkan dan mengembangkan ajaran Islam di bidang akidah, syariah maupun tasawuf menurut paham Ahlusunah Waljamaah.

Kemudian mengendalikan, mengawasi, mengoreksi perangkat NU, membimbing, serta mengarahkan dan mengawasi Badan Otonom, Lembaga dan Lajnah yang ada di bawah Syuriah.

Adapun Tanfidziyah terdiri dari ketua umum, beberapa ketua, sekretaris jenderal, beberapa wakil sekjen, bendahara, dan beberapa wakil bendahara.

Tanfidziyah mempunyai tugas dan kewajiban  memimpin jalannya organisasi sehari-hari sesuai kebijakan yang ditentukan pengurus syuriah, melaksanakan program jamiyah NU, membina dan mengawasi kegiatan perangkat jamiyah yang ada di bawahnya, serta menyampaikan laporan periodik kepada pengurus syuriah tentang pelaksanaan tugas. (syam/TN)

Pengurus Lengkap PBNU 2021-2026 Diumumkan Sebulan Setelah Muktamar Pengurus Lengkap PBNU 2021-2026 Diumumkan Sebulan Setelah Muktamar   Reviewed by samsul huda on December 24, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD