Gus Yahya Santri yang Mengeyam Pendidikan di Fisipol UGM Yogyakarta - GROBOGAN TOP NEWS

Gus Yahya Santri yang Mengeyam Pendidikan di Fisipol UGM Yogyakarta

 

GTOPNEWS.COM – KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) dalam KTP-nya  tertera lahir di Rembang, Jawa Tengah tangal 16 Februari 1966. Dia merupakan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) dari kota Ibu Kartini. 

Gus Yahya merupakan santri pondok pesantren Raudlatul Thalibin, Leteh, Rembang yang kini diasuh pamannya KH Mustofa Bisri (Gus Mus).

Dari Ponpes itu, dia melanjutkan nyantri ke Pondok Pesantren KH Ali Maksum di Krapyak, Yogyakarta. Sekaligus kuliah di Fisipol Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. 

Ayahnya adalah tokoh NU bernama KH Cholil Bisri. Almarhum adalah pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bersama KH Abdurahman Wahid (Gus Dur). 

Gus Yahya adalah kakak kandung Menteri Agama Yaqut C saat ini. Karirnya di pemerintahan dia pernah menjadi Wakil Bupati Rembang, Juru Bicara Presiden (Jubir) Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan kemudian  Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) 2018-2019 menggantikan KH Hasyim Muzadi.  (syam/TN)

Gus Yahya Santri yang Mengeyam Pendidikan di Fisipol UGM Yogyakarta Gus Yahya Santri yang Mengeyam Pendidikan di Fisipol UGM Yogyakarta Reviewed by samsul huda on December 24, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD