Terpilih Jadi Ketua PBNU, Gus Yahya Peroleh Dukungan 337 Suara di Muktamar Lampung - GROBOGAN TOP NEWS

Terpilih Jadi Ketua PBNU, Gus Yahya Peroleh Dukungan 337 Suara di Muktamar Lampung

 
GTOPNEWS.COM – KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama 2021-2026 dalam Muktamar ke - 34 di Bandar Lampung, Jumat (24/12/2021).

Dalam putaran kedua ini, Gus Yahya mengalahkan pesaingnya KH Said Aqil Siroj, mantan Ketua Umum PBNU dua periode yang dicalonkan lagi oleh para kiai khos NU. 

Gus Yahya mendapatkan dukungan 337 suara muktamirin dan Aqil Siroj  memperoleh 210 suara. Diduga suara dari pendukung KH Ali (17 suara) dan KH Mustakmar (2 suara) lari ke Gus Yahya.

Dengan dukungan 337 suara itu, praktis Gus Yahya dinyatakan memenangkan dalam pemilihan babak akhir ketua umum PBNU 2021-2026. Dia didukung  Muktamirin Jatim, Jateng dan luar Jawa.

Dalam putaran kedua ini, satu suara dinyatakan batal karena memilih keduanya. Sebelumnya Gus Yahya menyampaikan gagasannya dalam memajukan NU kie depan.

Ia mengatakan untuk memajukan NU ke depan akan mengedepankan konsep rahmah, terutama dalam menjadikan transformasi NU di tengah tantangan pandemi.  Hal itu katanya sekaligus untuk menjawab krisis yang melanda global akibat pandemi Covid-19 saat ini. 

‘’NU merupakan solusi dan sanggup jadi juru damai dunia di tingkat global di tengah krisis,’’ katanya. 

Gus Yahya juga ingin menyatukan gagasan gerak bersama seluruh komponen NU. Hal ini diperlukan karena NU mempunyai kekuatan besar untuk umat dan bangsa Indonesia. 

Mantan Jubir Presiden Keempat Abdurahman Wahid (Gus Dur) ini lebih lanjut mengatakan, bahwa  transformasi dalam tubuh organisasi NU bisa jadi terealisasi dalam kurun waktu 1 periode masa jabatan. 

Dalam kurun waktu 5 tahun ia berjanji akan bekerja keras dan mendayagunakan seluruh potensi di NU untuk senantiasa gerak bersama dan inheren untuk umat. 

"Insya Allah, hitungan di atas kertas bisa melakukan transformasi organisasi selama 5 tahun komitmen kepemimpinan. Saya bandingkan dengan dulu  cara saya  menjalankan strategi transformasi untuk GP Ansor itu 3,5 tahun sudah panen," kata Gus Yahya. (syam/TN)

Terpilih Jadi Ketua PBNU, Gus Yahya Peroleh Dukungan 337 Suara di Muktamar Lampung Terpilih Jadi Ketua PBNU, Gus Yahya Peroleh Dukungan 337 Suara di Muktamar Lampung Reviewed by samsul huda on December 24, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD