Anakan Sungai Luasi Meluap, Rendam Ratusan Rumah Warga dan 200 Hektar Padi di Desa Lemahputih - GROBOGAN TOP NEWS

Anakan Sungai Luasi Meluap, Rendam Ratusan Rumah Warga dan 200 Hektar Padi di Desa Lemahputih

 

GROBOGAN (GTopNews.Com) – Anakan Sungai Lusi di Desa Lemahputih Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan, Minggu (5/12/2021) meluap. Akibatnya 150 rumah penduduk dan 200 hektare tanaman padi di desa itu, terendam banjir.

Tidak ada korban jiwa dalam bencana itu. Tetapi pihak desa melaporkan, bahwa tanaman padi umur 10 hari diperkirakan rusak akibat terendam lumpur banjir.

Pihak desa belum mendata berapa persisnya tanaman pangan yang rusak. Pasalnya, banjir masih menggenangi Desa Lemahputih.

Beberapa waga mengatakan, banjir menggenang lama di Desa Lemahputih diduga akibat airnya tak dapat terbuang cepat ke Sungai Lusi.

‘’Sore tadi Lusi penuh akibat banjir kiriman dari hulu,’’kata Sekretaris Desa Lemahputih Darja di Brati, Grobogan, Minggu (5/12/2021).

Ia mengatakan sejak November 2021 Desa Lemahputih sering jadi sasaran luapan banjir anakan Sungai Lusi. Lebih-lebih kalau sungai itu, dalam keadaan penuh akibat banjir kiriman dari hulu.

‘’Kalau Lusi penuh dan hujan turun di wilayah Grobogan, bisa dipastikan desa kami kebanjiran,’’ katanya.

Ditanya berapa ketinggian air yang masuk rumah-rumah penduduk dikatakan, tidak tinggi, hanya sekitar 20-30 cm. Tapi hal itu cukup mengganggu karena warga dibuat repot dengan menyelamatkan perabot rumah dari ancaman genangan.

Adapun banjir yang merendam sawah di desa itu, mencapai ketinggian 80-100 cm, atau sekitar 1 meter. Itu sebabnya tanaman padi umur muda yang jadi sasaran banjir tersebut diperkrakan banyak yang mati akibat tertutup lumpur.

Banjir juga terjadi di Desa Werdoyo Kecamatan Godong akibat luapan Sungai Jajar. Diduga luapan itu terjadi akibat tanggul sungai tersebut jebol. Pihak desa langsung melaporkan ke Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana di Semarang lewat BPBD. Banjir di Werdoyo dilaporkan menggenangi sebagian rumah warga dan menggenangi 50 hektar tanaman padi umur 45 hari. (syam/TN) .

Anakan Sungai Luasi Meluap, Rendam Ratusan Rumah Warga dan 200 Hektar Padi di Desa Lemahputih Anakan Sungai Luasi Meluap, Rendam Ratusan Rumah Warga dan 200 Hektar Padi di Desa Lemahputih Reviewed by samsul huda on December 06, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD