Kepercayaan Publik terhadap Kinerja KPK Turun, Ali Fikri: Hasil Survei Jadi Bahan Perbaikan - GROBOGAN TOP NEWS

Kepercayaan Publik terhadap Kinerja KPK Turun, Ali Fikri: Hasil Survei Jadi Bahan Perbaikan

 

GTOPNEWS.COM - Indikator Politik Indonesia menyampaikan hasil survei tingkat kepercayaan publik terhadap kinerja KPK turun di bawah kepolisian. Bahkan berada di peringkat kelima.

Plt Jubir KPK Ali Fikri menanggapi bahwa hasil survei itu akan menjadi bahan masukan untuk perbaikan tugas-tugas KPK ke depan.

"Kami selalu melihat hasil riset yang mengukur persepsi publik terhadap kinerja KPK sebagai feedback sekaligus bahan masukan terhadap perbaikan tugas-tugas pemberantasan korupsi KPK," kata KPK Ali Fikri di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (6/12/2021).

Ia mengatakan dalam survei itu, didapati adanya peningkatan positif terhadap hasil kinerja KPK dalam melakukan pemberantasan korupsi. Hasil tersebut diperoleh Bulan Juli dan November 2021.

Hasil peningkatan positif itu dinilai tidak terlepas dari sinergi stakeholder antar aparat penegak hukum, kementerian/lembaga, instansi pusat daerah, pelaku usaha dan dukungan dari berbagai elemen masyarakat.

Pihaknya akan mempelajari penyebab menurunnya kepercayaan publik terhadap KPK untuk langkah-langkah perbaikan.

Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis bahwa tingkat kepercayaan publik terhadap kinerja KPK mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Saat ini KPK berada di peringkat kelima.

Survei Indikator Politik memaparkan tingkat kepercayaan terhadap institusi negara. TNI disebut-sebut sebagai lembaga negara yang paling dipercaya publik, kemudian disusul Presiden dan Polri.

Menurut hasil survei itu, tingkat kepercayaan publik terhadap Polri mencapai 80 persen, KPK hanya 71 persen dan di bawahnya lagi adalah jajaran legislatif 62-67 persen dan partai politik 51 persen. (syam/TN)

Kepercayaan Publik terhadap Kinerja KPK Turun, Ali Fikri: Hasil Survei Jadi Bahan Perbaikan Kepercayaan Publik terhadap Kinerja KPK Turun, Ali Fikri: Hasil Survei Jadi Bahan Perbaikan Reviewed by samsul huda on December 06, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD