Mantan Mentan Amran Dipanggil KPK, Saksi Kasus Izin Penambangan Bupati Konawe Utara - GROBOGAN TOP NEWS

Mantan Mentan Amran Dipanggil KPK, Saksi Kasus Izin Penambangan Bupati Konawe Utara

GTOPNEWS.COM – Eks Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman dipanggil penyidik KPK untuk diperiksa dalam kasus dugaan korupsi yang menjerat mantan Bupati Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Aswad Sulaiman (ASW).

‘’Amran diperiksa sebagai saksi
dari tersangka ASW dalam kasus pemberian izin kuasa pertambangan eksplorasi, eksploitasi dan izin usaha pertambangan operasi produksi dari Pemkab Konawe Utara tahun 2007-2014,’’ kata Plt Jubir KPK Ipi Maryati Kuding di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (17/11/2021).

Eks Mentan Amran itu dipanggil dalam kapasitasnya sebagai Direktur PT Tiran Indonesia. KPK juga memanggil dua saksi lainnya, yakni Direktur PT Tambang Wisnu Mandiri, Bisman, dan Andy Ady Aksar Armansyah (swasta).

‘’Ketiga orang itu, dipanggil sebagai saksi dari tersangka Aswad,’’ kata Ipi.

Pemeriksaan saksi-saksi itu dilangsungkan di Polda Sulawesi Tenggara.

Aswad ditetapkan KPK sebagai tersangka sejak 2017. Mantan Bupati Konawe Utara itu diduga melakukan korupsi izin eksplorasi, izin usaha pertambangan, dan izin operasi produksi di wilayah Pemkab Konawe Utara.

kerugian keuangan negara akibat korupsi bupati itu mencapai Rp 2,7 triliun. Nilai tersebut berasal dari penjualan produksi nikel yang perizinannya melawan hukum.

KPK menyebut Aswad, mencabut secara sepihak kuasa pertambangan, yang mayoritas dikuasai PT Antam.

Setelah pencabutan secara sepihak, Aswad justru menerima pengajuan permohonan izin eksplorasi dari 8 perusahaan. Bupati Aswad  kemudian menebitkan 30 surat keputusan kuasa permohonan eksplorasi.

Dari izin itu, beberapa di antaranya telah sampai tahap produksi hingga ekspor. Perbuatan tersebut berlangsung hingga 2014. Aswad juga diduga menerima Rp 13 miliar dari perusahaan-perusahaan tadi. (syam/TN)
Mantan Mentan Amran Dipanggil KPK, Saksi Kasus Izin Penambangan Bupati Konawe Utara Mantan Mentan Amran Dipanggil KPK, Saksi Kasus Izin Penambangan Bupati Konawe Utara Reviewed by samsul huda on November 17, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD