Ketua KPK Firli Bahuri: Asal Tak Korupsi, Kepala Daerah Tidak Perlu Takut OTT - GROBOGAN TOP NEWS

Ketua KPK Firli Bahuri: Asal Tak Korupsi, Kepala Daerah Tidak Perlu Takut OTT

 

GTOPNEWS.COM – Kepala Daerah tak perlu takut dengan operasi tangkap tangan (OTT) KPK. Asal dapat mengendalikan keuangan daerah dengan benar, tak perlu risih dengan OTT.

Demikian dikatakan Ketua KPK Firli Bahuri di Jakarta, Senin (15/11/2021) menanggapi viralnya Bupati Banyumas Achmad Husain.

Bupati Husain meminta KPK tak melakukan OTT kepada kepala daerah sebelum  sebelum bupati/wali kota itu diberitahu melalui program pencegahan. Kalau sudah dibina melalui pencegahan tidak ada perubahan, silakan di OTT. Tetapi bila sudah mau berubah, sebaiknya tak usah di OTT.

‘’Kami takut dengan OTT dan tak mau di OTT,’’ kata Bupati Husain.

Firli berharap seluruh pejabat dan penyelenggara negara tak perlu risau dengan kinerja KPK. Sebab kinerja KPK selalu terukur dan sesuai ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

"Selama benar dalam menggunakan uang negara, maka tak usah takut OTT," kata Firli.

Firli mengatakan rasa takut yang dialami Achmad Husein dan kepala daerah lainnya adalah hal yang wajar. Tapi pihaknya mengajak mengambil hikmah dari rasa takut itu.

‘’Rasa takut memang dibutuhkan dan ada baiknya. Karena hal itu membuat seseorang dapat mengukur perilaku baik dan buruk, dan mencegah berperilaku koruptif," ujarnya.

Firli memastikan, KPK akan terus melaksanakan fungsi pencegahan, supervisi, kordinasi, dan monitoring, sesuai UU Nomor 30/ 2002 sebagaimana telah diubah menjadi UU Nomor 19/2019 tentang KPK.

Dan KPK terus melakukan pencegahan, namun jika fungsi pencegahan tak diindahkan, maka pihaknya tak ragu melakukan penangkapan.

‘’KPK siap berkordinasi pencegahan dengan semua pihak. Tapi jika terjadi korupsi dan cukup bukti, OTT lah yang terjadi,’’ jelasnya. (syam/TN) 

Ketua KPK Firli Bahuri: Asal Tak Korupsi, Kepala Daerah Tidak Perlu Takut OTT Ketua KPK Firli Bahuri: Asal Tak Korupsi, Kepala Daerah Tidak Perlu Takut OTT Reviewed by samsul huda on November 15, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD