Ketua KPK Firli Bahuri Minta Aparat Hukum Tak Perlu Ramah terhadap Praktik Korupsi - GROBOGAN TOP NEWS

Ketua KPK Firli Bahuri Minta Aparat Hukum Tak Perlu Ramah terhadap Praktik Korupsi

 

GTOPNEWS.COM - Aparat penegak hukum  diminta tidak perlu ramah terhadap praktik korupsi.

Demikian dikatakan Ketua KPK Firli Bahuri Firli saat memberikan arahan dalam rapat koordinasi pemberantasan korupsi terintegrasi Aparat Penegak Hukum di Jawa Tengah di Mapolda Jateng Jalan Pahlawan Semarang, Jumat (12/11/2021).

Ketua KPK Firli juga meminta semua aparat penegak hukum bersatu memerangi korupsi. Ia juga mengajak aparat penegak hukum merapatkan barisan untuk tidak abai dan ramah terhadap praktik-praktik korupsi.
Pihaknya yakin jika jajaran aparat penegak hukum kompak, maka praktik-praktik korupsi di Indopnesia bisa ditekan.

Firli mengatakan bangsa Indonesia berperang melawan korupsi sejak lama. Bahkan sejumlah peraturan tentang korupsi telah banyak dikeluarkan. Di antaranya UU No 3/1971 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.
Kemudian pada 1998 melalui proses legislasi terbitlah UU No. 28/1999 tentang penyelenggaraan pemerintahan negara yang bersih dan bebas KKN. Setahun kemudian terbit UU No 31/1999.

"Inilah wujud semangat anak bangsa untuk memerangi korupsi. Tapi sampai saat ini korupsi masih merajalela," ujarnya.
Ketua KPK Firli menyebut tentang pentingnya sinergi antar para penegak hukum. Karena hal itu akan dengan cepat memberantas korupsi di tanah air.

Pihaknya mengusulkan ke pembuat kebijakan di kalangan penegak hukum, bahwa perlu tambahan hukuman untuk para koruptor karena hal itu akan memberikan efek jera.
"Sampai saat ini tidak ada perkara yang bisa disidangkan tanpa perhitungan kerugian keuangan negara dari BPK atau BPKP. Saya minta kalau ada perkara yang ditangani jaksa atau polisi segera hitung kerugian negaranya biar penanganan perkaranya bisa lebih cepat," kata Firli.

Selain itu dalam rangka pemberantasan korupsi, pihaknya meminta ketua pengadilan selain menjatuhkan hukuman badan, ada ancaman tambahan yang lebih penting. Yaitu denda, uang pengganti dan pencabutan hak politik. Karena hal ini akan memberikan efek jera. (syam/TN)


Ketua KPK Firli Bahuri Minta Aparat Hukum Tak Perlu Ramah terhadap Praktik Korupsi Ketua KPK Firli Bahuri Minta Aparat Hukum Tak Perlu Ramah terhadap Praktik Korupsi Reviewed by samsul huda on November 12, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD