Bendung Glapan di Grobogan Direhabilitasi dengan Dana APBN Rp 295,8 Miliar - GROBOGAN TOP NEWS

Bendung Glapan di Grobogan Direhabilitasi dengan Dana APBN Rp 295,8 Miliar

 

GROBOGAN (GTopNews.Com) – Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana (BBWS) menginformasikan bahwa Daerah Irigasi (DI) Bendung Glapan Timur segera direhabilitasi Kementerian PUPR melalui BBWS Pemali Juana dengan dana APBN 2021 sebesar Rp 295,8 miliar.

‘’Posisi proyek itu saat ini dalam proses lelang yang diikuti sekitar 20 peserta lelang,’’ kata Sekretaris Dinas PUPR Grobogan Wahyu Tri Darmawanto di Purwodadi, Jumat (12/11/2021).

Ia mengatakan hal itu setelah menerima kunjungan Kepala BBWS Pemali Juana Muhammad Adek Rizaldi bersama beberapa stafnya ke Kantor Dinas PUPR Grobogan, Rabu (10/11/2021).

Kunjungan itu dalam rangka koordinasi kesiapsiagaan penanganan pengendalian banjir dan La Nina di Grobogan. Karena di daerah ini terdapat sungai-sungai besar langganan banjir besar yang menjadi tanggungjawab BBWS Pemali dan Pemkab.

Wahyu tidak menjelaskan PT yang memenangkan lelang proyek itu. Pasalnya lelang proyek lanjutan tersebut masih dalam tahap prakualifikasi.

Sebelumnya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa proyek itu dikerjakan tuntas hingga 2023 dengan cara kerja sama operasional (KSO).

Rehabilitasi daerah irigasi (DI) Glapan merupakan proyek strategis nasional (PSN) yang dituangkan dalam Peraturan Presiden No. 109 Tahun 2020.

Menurut Menteri Basuki pembangunan dan rehabilitasi jaringan irigasi itu Bendung Glapan merupakan program unggulan Kementerian PUPR disamping penyelesaian bendungan on going dalam mendukung produksi pertanian berkelanjutan.

Sementara itu di Grobogan terdapat sungai-sungai besar yang rawan banjir. Sungai-sungai tersebut adalah Lusi, Serang, Tuntang dan Jragung.

Setiap musim penghujan sungai-sungai tersebut selalu meluap. Bahkan awal Januari 2020 banjir Tuntang merusakkan intake Bendung Glapan dan menjebolkan tanggul di sekitarnya. Akibatnya ribuan rumah penduduk, jalan desa  dan ratusan hektare tanaman pertanian di Glapan, Gubug, dan sekitarnya, kebanjiran dan rusak.

Untuk kepentingan itu, BBWS Pemali Juana menjalin kordinasi dan sinergitas pengendalian banjir ke Dinas PUPR Grobogan

Untuk kepentingan itu BBWS Pemali Juana dilaporkan telah menyiapkan 20 unit excavator, 13 unit dump truck, 4 unit pompa mobile, 5 unit pompa submersible, dan bahan-bahan  banjiran.
Selain itu juga telah menyiapkan posko bencana di BBWS Pemali Juana aktif 24 jam dan siap siaga. (syam/TN)

Bendung Glapan di Grobogan Direhabilitasi dengan Dana APBN Rp 295,8 Miliar Bendung Glapan di Grobogan Direhabilitasi dengan Dana APBN Rp 295,8 Miliar Reviewed by samsul huda on November 12, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD